DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH LATIHAN PLYOMETRIC JUMP TO BOX TERHADAP DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI PEMAIN BOLA VOLI PUTRA KABUPATEN TAPIN
PENGARANG: Fryda Wulandari
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-30


ABSTRAK

Fryda Wulandari, NIM. 1810122320060. 2023, Pengaruh Latihan Plyometric Jump to Box Terhadap Daya Ledak Otot Tungkai Pemain Bola Voli Putra Kabupaten Tapin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Utama: Dr. H. Syamsul Arifin, M.Pd. Pembimbing Pendamping Drs. Perdinanto, M.Pd

 

Kata Kunci : Plyometric Jump To Box dan  Daya Ledak Otot Tungkai

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Latihan Plyometric Jump To Box Terhadap Daya Ledak Otot Tungkai Pemian Bola Voli Putra Kabupaten Tapin.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan memberikan perlakuan dengan latihan plyometric jump to box selama 16 kali pertemuan, dengan frekuensi pertemuan 3 kali seminggu. Rancangan peneitian ini menggunakan desain penelitian pre-eksperimen one grup pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet bola voli putra kabupaten Tapin berjumlah 15 orang, Adapun yang menjadi sampel penelitian berjumlah 9 orang, pengambilan sampel menggunakan tekhnik Porposive Sampling dengan pertimbangan tertentu. Kemudian diberikan latihan selama 16 kali pertemuan dengan tes vertical jump.

Hasil penelitian : Ada pengaruh Latihan plyometric jump to box terhadap daya ledak otot tungkai pemain bola voli putra kabupaten Tapin, dengan t hitung (3,445) > t table (2,364) dan nilai signifikansi (0,009) < dari (0,05). Peningkatan daya ledak otot tungkai terjadi karena diberikan latihan plyometric jump to box yang diawali dengan gerakan meloncat ke depan atas dan mendarat di atas box.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI