DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, UMUR PERUSAHAAN, DAN RETURN ON ASSET TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK PADA PERUSAHAAN INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2019 - 2021
PENGARANG:AKHMAD ZAINAL ABIDIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-30


Akhmad Zainal Abidin, (2023) Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Umur Perusahaan, dan Return On Asset Terhadap Penghindaran Pajak pada Perusahaan Industri Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia tahun 2019- 2021. Pembimbing: H. Kasyful Anwar, SE, M.Si, Ak, CA

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan penjualan, umur perusahaan, dan return on asset terhadap penghindaran pajak. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah pertumbuhan penjualan, umur perusahaan, dan return on asset. Sedangkan variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini adalah penghindaran pajak dengan proksi yang dipakai menggunakan cash effective tax rate (CETR).

Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan industri makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2019 2021 sebanyak 43 perusahaan. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan memperoleh sampel sejumlah 20 perusahaan industri makanan dan minuman berdasarkan kriteria tertentuperusahaan dengan masa penelitian 3 tahun sehingga diperoleh 60 jumlah sampel penelitian. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan tahunan yang diperoleh dari situs www.idx.co.id dan situs resmi dari perusahaan sampel. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda melalui program SPSS versi 26.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan berpengaruh terhadap penghindaran pajak dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05), umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak dengan nilai signifikansi (0,082 > 0,05), danreturn on asset berpengaruh terhadap penghindaran pajak dengan nilai signifikansi (0,030 < 0,05).

 

Kata Kunci: Penghindaran Pajak, Pertumbuhan Penjualan, Umur Perusahaan, Return On Asset.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI