DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Sinkronisasi Program Penanggulangan Kemiskinan Oleh Tkpkd Di Kabupaten Murung Raya
PENGARANG:MULIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-30


Muliana 2020419320028, “Sinkronisasi Program Penanggulangan Kemiskinan oleh TKPKD di Kabupaten Murung Raya” Kemiskinan merupakan masalah yang selalu dihadapi seluruh negara di dunia. Mengatasi masalah kemiskinan tidak dapat dilakukan secara terpisah dari masalah pengangguran, pendidikan, kesehatan dan masalah-masalah lain yang berkaitan erat dengan masalah kemiskinan. Tingginya angka penduduk miskin menuntut dilakukannya langkah-langkah konkrit dan mendasar untuk menekan angka tersebut. Dengan perkataan lain, diperlukan sinkronisasi program dalam penanggulangan kemiskinan yang spesifik oleh TKPKD, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program atau kebijakan yang ada di masing-masing perangkat daerahnya. Menurut data yang dikeluarkan oleh BPS Kabupaten Murung Raya, pada tahun 2021 jumlah penduduk miskin sebesar 6,15% atau sebanyak 3.286 Keluarga miksin.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriktif dengan pengumpulan data yakni wawancara dan dokumentasi informan kunci dari penelitian ini yakni ketua TKPKD, Sekretaris TKPKD dan anggota TKPKD Kabupaten Murung Raya.

Hasil penelitian dari Sinkronisasi Program penanggulangan kemiskinan oleh TKPKD di Kabupaten Murung Raya melalui sinkronisasi program penanggulangan kemiskinan ini maka program kegiatan akan terarah sehingga dinas teknis bisa melaksanakan program kegiatan tersebut dengan tepat sasaran, secara umum sinkronisasi program penanggulangan kemiskinan oleh TKPKD di Kabupaten Murung Raya sudah berjalan dengan baik namun ada beberapa hal yang belum maksimal

Penelitian ini merekomendasikan agar dalam melaksanakan Sinkronisasi program penanggulangan kemiskinan oleh TKPKD di Kabupaten Murung Raya, dianjurkan kepada perangkat daerah untuk melaksanakan bimbingan teknis atau pelatihan khususnya yang membidangi penyusunan program dalam hal analisis data kemiskinan supaya bisa dijadikan pedoman penanggulangan kemiskinan, sehingga dalam penyusunan program/kegiatan penanggulangan kemiskinan dapat lebih efektif bisa berjalan dengan maksimal dan dapat dirasakan oleh masyarakat.

Kata kunci: Sinkronisasi, Penanggulangan Kemiskinan, TKPKD,

iii

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI