DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TAX AVOIDANCE DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERATING
PENGARANG:WIDITHA PUTERI WADANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-30


Widitha Puteri Wadana (2023), “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tax Avoidance Dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Periode 2016-2021”. Pembimbing : Dr. H. Atma Hayat, Drs. Ec. M.Si., Ak., CA dan Dr. Monica Rahardian Ary Helmina, SE., M.Si.

Penelitian ini membahas tentang bagaimana pengaruh tax avoidance di uji dengan variabel independen yang meliputi firm size, Rasio Profitabilitas dan Leverage Ratio yang dipengaruhi oleh good corporate governance. Variabel dependen yang digunakan adalah tax avoidance dan variabel moderating yang digunakan adalah good corporate governance.

Populasi yang digunakan sebagai objek penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI sejumlah 218 perusahaan dalam periode tahun 2016-2021. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 62 sampel perusahaan berdasarkan kriteria tertentu. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan dilanjutkan dengan moderating regression analysis (MRA).

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, firm size dan Rasio Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap tax avoidance. Sedangkan Leverage Ratio tidak berpengaruh signifikan. Good corporate governance dapat memoderasi hubungan antara firm size dan Rasio Profitabilitas terhadap tax avoidance. Sedangkan Good corporate governance tidak dapat memoderasi hubungan antara Leverage Ratio terhadap tax avoidance.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI