DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MOTIVASI SISWA MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER STUDI TEATER GEMERCIK DI SMKN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:ILMA SOFIA MAULIDINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-31


Maulidina Ilma Sofia, 2021. Motivasi Siswa Mengikuti Kagiatan Ekstrakurikuler Studi Teater Gemercik di SMKN 1 Banjarmasin. Program Studi Seni Pertunjukan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing 1: Sulisno, S.Sn.,M.A., Pembimbing 2 : Muhammad Najamudin, M.Pd.

Kata Kunci : Motivasi, Ekstrakurikuler, Teater Gemercik

Penelitian ini meneliti tentang motivasi siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan faktor yang mempengaruhi motivasi siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler studi teater germercik di SMKN 1 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Motivasi apa saja yang mendorongsiswa mengikuti latihan teater dan pengaruh motivasi siswa terhadap proses dan hasil pembelajaran teater di studiteater Germercik di SMKN 1 Banjarmasin. Metode penelitian kualitatif yang di mana cara dilakukan dalam pengumpulan data adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, kemudaian data dianalisis dengan reduksi data dan ditarik kesimpulan, tahap yang terakhir pengecekan keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian Motivasi Siswa Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Teater Gemercik di SMKN 1 Banjarmasin simpulan hasil penelitian adalah teater Gemercik dibentuk dari divisi ekstrakurikuler mading untuk meningkatkan kreativitas dan motivasi siswa, motivasi yang mendorong siswa untuk mengikuti latihan teater ada 2, faktor instrinsik dorongan yang berasal dari dalam diri siswa, dorongan teman, dorongan kemampuan dan faktor ekstrinsik yang di mana mereka termotivasi untuk belajar teater melalui dorongan pelatih serta tujuan yang ingin di capai untuk mengikuti pementasan diluar sekolah. Pengaruh motivasi terhadap proses yaitu, faktor internal merupakan dorongan siswa yang memiliki tanggung jawab untuk latihan atas keikut sertaan dalam pementasan tanpa ada paksaan, faktor eksternal merupakan kendala tempat latihan yang tidak memadai, dan hasil pembelajaran yang di dapat siswa melalui kegiatatan tetaer mereka dapat mengembangkan bakat, kampuan, dan ilmu yang sudah mereka pelajari selama proses latihan teater.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI