DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH THIN CAPITALIZATION, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN SUB SEKTOR BATUBARA YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE TAHUN 2017 – 2021)
PENGARANG:WANDA NORWAHIDATUL MUNAWAROH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-31


Agresivitas pajak merupakan tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperkecil beban pajak yang harus dibayarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh thin capitalization, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap agresivitas pajak. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah thin capitalization, profitabilitas dan ukuran perusahaan. Sedangkan variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini adalah agresivitas pajak yang dihitung dengan menggunakan Cash Effective Tax Rate (CETR).

Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan pertambangan sub sektor batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2017 hingga 2021. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan memperoleh sampel sejumlah 11 perusahaan pertambangan sub sektor batubara berdasarkan kriteria tertentu. Outlier data dilakukan sebanyak 6 data dan jumlah sampel menjadi 49 sampel. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda melalui program SPSS versi 26.

Hasil penelitian mengindikasikan bahwa thin capitalization dan profitabilitas berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Hal ini menunjukkan bahwa semakin besar nilai thin capitalization dan profitabilitas dalam suatu perusahaan maka akan meningkatkan tindakan agresivitas pajak. Temuan lain dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Hal ini menunjukkan bahwa besar kecilnya ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap adanya tindakan agresivitas pajak yang dilakukan oleh perusahaan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI