DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Karakter Tokoh dalam Novel
PENGARANG:Muhammad Ilham Fikri
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-04-03


ABSTRAK

Fikri, Muhammad Ilham. 2022. Karakter Tokoh dalam Novel “Negeri 5 Menara” Karya A. Fuadi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Sabhan, M.Pd,; (II) Faradina, M.Pd.

 

Kata kunci: karakter, tokoh, novel

Novel merupakan karya sastra yang masih sangat populer karena menghadirkan berbagai konflik. Ada beberapa aspek yang membuat cerita  menjadi menarik, yaitu alur, tema, dan penokohan (karakter), dari tokoh. Karakter merupakan sifat kejiwaan yang dimiliki setiap manusia yang berupa tingkah laku atau budi pekerti. Karakter merupakan cerminan pribadi seseorang.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter tokoh  novel “Negeri 5 Menara” karya Ahmad Fuadi.Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data berupa novel “Negeri 5 Menara” karya Ahmad Fuadi. Dianalisis menggunakan teknik analisis isi.

Berdasarkan hasil penelitian, tokohnya sebagai berikut: 1) Alif Fikri berkarakter optimis, ambisius, dan keras kepala. 2) Tokoh Amak berkarakter peduli, cinta, kasih sayang, displin, jujur, keras kepala, dan berjiwa besar. 3) Ayah berkarakter  penyayang, bijaksana, peduli, jujur, amanat dan dapat dipercaya. 4) Raja Lubis berkarakter optimis dan dermawan. 5) Said Jufri berkarakter suka cari perhatian dan dermawan. 6) Baso Salahuddin berkarakter disiplin, penyendiri, dan peduli. 7) Dulmajid berkarakter optimis, ambisius, dan setia kawan. 8) Atang Yunus berkarakter humoris dan kreatif.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI