DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Uji Efektivitas Bacillus spp dalam Mengendalikan Ralstonia solanacearum Penyebab Penyakit Layu pada Tanaman Tomat dan Pemacu Pertumbuhan
PENGARANG:LUSIA FEBRIANTI
PENERBIT:FAKULTAS PERTANIAN
TANGGAL:2018-10-30


RINGKASAN
LUSIA FEBRIANTI. Kemampuan uji efektivitas Bacillus spp dalam mengendalikan Ralstonia solanacearum penyebab penyakit layu pada tanaman tomat dan pemacu pertumbuhan. Dibimbing oleh Noor Aidawati dan Joko Purnomo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :1) Efektivitas Bacillus spp. dalam mengendalikan Ralstonia Solanacearum dan 2) Mengetahui kemampuan Bacillus spp. dalam memacu pertumbuhan tanaman tomat. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Fitopatologi jurusan Hama Penyakit Tumbuhan, Faperta ULM dan di lahan win Hortinus (Unlam 1) Jl. Ahmad ahmad Yani Km 35,5 Banjarbaru Provinsi Kalimatan Selatan pada bulan April sampai Juli 2018.
Rancangan lingkungan yang digunakan dalam percobaan ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktor tunggal dengan 5 (lima) perlakuan yaitu: 1) Bacillus spp 1 dari Desa Sukamara + R. solanacearum (b1), 2) Bacillus spp 2 dari Desa Guntung Manggis + R. solanacearum, 3) Bacillus spp 3 dari Desa Karang Intan, 4) hanya diinokulasi R. solanacearum (k+), dan 5) tanpa Bacillus spp + R. Solanacearum yang diulang empat ulangan dan setiap ulangan terdiri dari 10 kali sehingga diperoleh 200 percobaan.
Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah Presentase serangan R. solanacearum, tinggi tanaman, produksi tanaman tomat, jumlah buah, berat basah tanaman dan berat kering tanaman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tiga isolat Bacillus spp. bersifat antagonis dan mampu menekan perkembangan R.solanacearum dan Bacillus spp.
meningkatkan jumlah buah, produksi tanaman, berat basah dan berat kering, gejala layu, berat buah, jumlah buah dan berat basah tanaman.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI