DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH SOSIALISASI SAK EMKM, LATAR BELAKANG PENDIDIKAN, PEMAHAMAN AKUNTANSI, DAN PERSEPSI PEMILIK KAFE TERHADAP IMPLEMENTASI SAK EMKM DALAM LAPORAN KEUANGAN KAFE DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:FARIS RIZKI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-04-06


Faris Rizki (2023). Pengaruh Sosialisasi SAK EMKM, Latar Belakang Pendidikan, Pemahaman Akuntansi, dan Persepsi Pemilik Kafe Terhadap Implementasi SAK EMKM Dalam Laporan Keuangan Kafe di Kota Banjarmasin. Pembimbing: Saprudin, SE, M.Si, Ak, CA, ACPA.

Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM) diberlakukan secara efektif sejak 1 Januari 2018 sebagai pedoman dalam menyusun laporan keuangan dengan aturan yang lebih sederhana bagi UMKM, sehingga dalam penyusunan laporan keuangan usaha yang sesuai dengan standar yang berlaku dapat dilakukan dengan lebih mudah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh sosialisasi SAK EMKM, latar belakang pendidikan, pemahaman akuntansi, dan persepsi pemilik kafe terhadap implementasi SAK EMKM dalam laporan keuangan kafe di Banjarmasin.

Populasi pada penelitian ini adalah 156 kafe yang terdaftar di Kantor Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan, dan Aset Daerah (BPKPAD) Kota Banjarmasin pada 2022. Tekik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 56 kafe dengan jumlah responden sebanyak 47 kafe. Penelitian ini menggunakan data primer dengan melakukan pengamatan langsung dan dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pembagian kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan  antara variabel sosialisasi SAK EMKM, dan pemahaman akuntansi terhadap implementasi SAK EMKM dalam laporan keuangan kafe. Sementara latar belakang pendidikan, dan persepsi pemilik kafe terbukti tidak berpengaruh terhadap implementasi SAK EMKM dalam laporan keuangan kafe di Banjarmasin. Saran yang dapat diberikan yakni pemilik kafe dapat mengikuti sosialisasi SAK EMKM yang diadakan oleh Pemerintah atau pihak terkait lainnya dengan lebih sering lagi, dan meningkatkan pemahaman akuntansi yang dimiliki baik dengan balajar secara nonformal ataupun informal. Peneliti selanjutnya dapat memperluas jangkauan populasi dan objek dalam penelitian.

Kata Kunci:  Sosialisasi SAK EMKM, Latar Belakang Pendidikan, Pemahaman Akuntansi, Persepsi Pemilik Kafe, Implementasi SAK EMKM

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI