DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PEMBERIAN TAKARAN PUPUK KANDANG BURUNG PUYUH TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL OKRA PADA TANAH ULTISOL
PENGARANG:SANNAH
PENERBIT:FAKULTAS PERTANIAN
TANGGAL:2018-10-30


RINGKASAN
Sannah. Pengaruh Pemberian Takaran Pupuk Kandang Burung Puyuh Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Okra pada Tanah Ultisol dibawah bimbingan Joko Purnomo dan Rahmi Zulhidiani.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan hasil tanaman okra dengan pemberian beberapa takaran pupuk kandang burung puyuh dan mengetahui takaran terbaik pupuk kandang burung puyuh dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman okra.
Hipotesis penelitian ini adalah pemberian takaran pupuk kandang burung puyuh berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman okra dan terdapat takaran terbaik dari pupuk kandang burung puyuh untuk pertumbuhan dan hasil tanaman okra. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah sebagai informasi bagi masyarakat tentang pembudidayaan okra dengan pemanfaatan pupuk kandang burung puyuh dan sebagai hasanah pengetahuan tentang penggunaan takaran pupuk kandang burung puyuh yang merupakan salah satu pupuk organik yang kaya akan kandungan unsur hara bagi mahasiswa dan akademik. Penelitian ini dilaksanakan di kebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru, Kalimantan Selatan pada bulan Juni sampai Agustus 2018.
Penelitian ini menggunakan rancangan lingkungan Acak Lengkap (RAL) satu faktor dengan terdiri dari 7 taraf perlakuan, yaitu p0 : tanpa pemberian pupuk kandang burung puyuh , p1 : pemberian pupuk kandang burung puyuh dengan takaran 5 t ha-1, p2 : pemberian pupuk kandang burung puyuh dengan takaran 10 t ha-1, p3 : pemberian pupuk kandang burung puyuh dengan takaran 15 t ha-1, p4 :
pemberian pupuk kandang burung puyuh dengan takaran 20 t ha-1, p5 : pemberian pupuk kandang burung puyuh dengan takaran 25 t ha-1 dan p6 : pemberian pupuk kandang burung puyuh dengan takaran 30 t ha-1.
Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah tinggi tanaman, jumlah cabang, jumlah bunga, jumlah buah, panjang buah, diameter buah, bobot perbuah segar, total bobot buah segar pertanaman, berat basah tanaman, berat basah akar, berat kering tanaman, berat kering akar dan rasio tajuk akar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan takaran pupuk kandang burung puyuh memberikan pengaruh yang sangat nyata terhadap tinggi tanaman umur 30 hst, jumlah cabang umur 30 hst dan umur 45 hst, jumlah bunga, jumlah buah, panjang buah, diameter buah, bobot perbuah segar, total bobot buah segar pertanaman, berat basah tanaman, berat basah akar, berat kering tanaman dan berat kering akar. Tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman umur 15 hst dan rasio tajuk akar. Serta perlakuan takaran pupuk kandang burung puyuh yang terbaik adalah takaran 5 t ha-1.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI