DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PT. AIR MINUM BANDARMASIH (PERSERODA) DALAM PENDISTRIBUSIAN AIR BERSIH DI KECAMATAN BANJARMASIN BARAT KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:NUR SHOLEHAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-04-10


ABSTRAK

Nur Sholehah 1910411220037 (2023) : “Persepsi  Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan PT. Air Minum Bnadarmasih (Perseroda) Dalam Pendistribusian Air Bersih Di Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin.”  Dibawah bimbingan Muhammad Riduansyah Syafari.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat  terhadap kualitas pelayanan PT. Air Minum Bandarmasih (Perseroda) dalam pendistribusian air bersih di Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin. 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriftif kuantitatif dengan pendekatan survei yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok dan secara umumnya menggunakan metode statistik. Pengambilan sample penelitian menggunakan teknik random sampling dengan teknik analisis statistik deskriptif menggunakan skala likert.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan PT. Air Minum Bandarmasih (Perseroda) dalam pendistribusian air bersih di Kecamatan Banjarmasin Barat secara keseluruhan Baik atau Berkualitas dengan persentase 76% yang dilihat dari dimensi atau indikator kualitas pelayanan menurut Parasuraman Berry, Zeithaml, 1990 yaitu dimensi Tangible (Bukti Fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), dan Empathy (Empati).  

Adapun saran dalam penelitian ini yaitu (1) PT. Air Minum Bandarmasih (Perseroda) lebih memperhatikan lagi terkait kualitas, kuantitas serta kontinuitas pendistribusian air bersih kepada pelanggan terutama di Kecamatan Banjarmasin Barat guna meningkatkan kualitas pelayanan; (2) Melakukan pembaharuan atau pemugaran dalam hal peralatan ataupun fasilitas distribusi air bersih guna menghindari terjadinya kebocoran pipa dalam jangka waktu pendek serta melakukan perluasan jaringan aliran pipa terutama di Kecamatan Banjarmasin Barat dengan harapan air bersih yang di distribusikan dapat menjangkau seluruh wilayah di Kecamatan Banjarmasin Barat guna menghindari ketidakmerataan pengaliran air bersih pada setiap pelanggan; (3) Melakukan upaya survey kepuasan pelanggan setiap satu atau tiga bulan sekali guna mengetahui kepuasan pelanggan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan dari PT. Air Minum Bandarmasih (Perseroda) Kota Banjarmasin.

Kata Kunci : Kualitas pelayanan, Persepsi masyarakat, PT. Air Minum Bandarmasih (Perseroda) 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI