DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KLASIFIKASI STATUS KETEPATAN BERANGKAT PENERBANGAN DENGAN METODE CLASSIFICATION AND REGRESSION TREE DENGAN KETIDAKSEIMBANGAN KELAS BERBASIS SYNTHETIC MINORITY OVERSAMPLING TECHNIQUE
PENGARANG:M. FAISAL ROZAI
PENERBIT:FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
TANGGAL:2018-11-01


ABSTRAK
Klasifikasi Status Ketepatan Waktu Penerbangan Dengan Metode Classification And Regression Tree Dengan Ketidakseimbangan Kelas Berbasis Synthetic Minority Oversampling Technique (Oleh: M Faisal Rozai; Pembimbing: Fatma Indriani, S.T, M.IT dan : Irwan Budiman, S.T, M.Kom; 2018; 61 Halaman)
Penelitian ini mengangkat permasalahan pemilihan maskapai penerbangan untuk berangkat dari satu lokasi menuju lokasi lainnya. Salah satu permasalahan mendasar dalam pemilihan maskapai adalah maskapai mana yang akan digunakan agar dapat sampai pada waktu yang diinginkan, dan bagaimana kinerja maskapai tersebut dalam beberapa waktu terakhir. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode classification and regression tree (CART), dan untuk menangani ketidak seimbangan data antar kelas dilakukan oversampling dengan metode synthetic minority oversampling technique (SMOTE). Pada penelitian ini teknik penarikan data dilakukan dengan cara melakukan dokumentasi berdasarkan data yang tersedia pada rekam penerbangan online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode classification and regression tree dengan oversampling berbasis synthetic minority oversampling technique dapat digunakan untuk menggali pengetahuan pada data penerbangan sehingga dapat digunakan sebagai acuan pemilihan maskapai penerbangan.
Kata Kunci : Data Penerbangan, Classification And Regression Tree, Synthetic Minority Oversampling Technique

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI