DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD), DANA ALOKASI UMUM (DAU), DAN DANA BAGI HASIL (DBH) TERHADAP BELANJA MODAL DENGAN JUMLAH PENDUDUK SEBAGAI PEMODERASI
PENGARANG:IDUM CAHYA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-04-11


Idum Cahya Sari (2023). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Dana Bagi Hasil (DBH) terhadap Belanja Modal dengan Jumlah Penduduk sebagai Pemoderasi. Pembimbing: Drs. Muhammad Saleh, MP.

 

Penelitian ini dilakukan (1) untuk menganalisis pengaruh PAD, DAU, dan DBH terhadap Belanja Modal; (2) untuk menganalisis pengaruh PAD terhadap Belanja Modal; (3) untuk menganalisis pengaruh DAU terhadap Belanja Modal; (4) untuk menganalisis pengaruh DBH terhadap Belanja Modal; (5) untuk menganalisis Jumlah Penduduk dalam memoderasi hubungan PAD dengan Belanja Modal; (6) untuk menganalisis Jumlah Penduduk dalam memoderasi hubungan DAU dengan Belanja Modal; (7) dan untuk menganalisis Jumlah Penduduk dalam memoderasi hubungan DBH dengan Belanja Modal. Data penelitian ini merupakan data sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yaitu Jumlah Penduduk dan Laporan Realisasi keuangan Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan. Metode analisis yang digunakan yaitu Regresi Linear Berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA) yang diolah menggunakan aplikasi pengolah angka EViews 12. Berdasarkan uji hipotesis penelitian ini membuktikan bahwa Pendapatan Asli Daerah dan Dana Bagi Hasil secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap Belanja Modal, Sedangkan Dana Alokasi Umum berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap Belanja Modal. Secara Simultan Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, dan Dana Bagi Hasil terdapat pengaruh dan signifikan terhadap Belanja Modal. Jumlah Penduduk diketahui bukan merupakan variabel moderasi sehingga tidak dapat memoderasi hubungan Pedapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, dan Dana Bagi Hasil  terhadap Belanja Modal.

 

Kata Kunci: Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Bagi Hasil, Belanja Modal, Jumlah Penduduk

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI