DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERBANYAKAN TANAMAN PASAK BUMI (Eurycoma longifolia J.) MELALUI TEKNIK STEK PUCUK MENGGUNAKAN ZPT ORGANIK BAWANG MERAH (Allium cepa L.)
PENGARANG:RIZKY FAUZAN NOR
PENERBIT:FAKULTAS PERTANIAN
TANGGAL:2018-11-02


RINGKASAN
Rizky Fauzan Nor. Perbanyakan tanaman Pasak Bumi (Eurycoma longifolia J.) melalui teknik stek pucuk menggunakan ZPT organik Bawang merah (Allium cepa L.), dibimbing oleh Prof. Dr Ir Akhmad Gazali, M.S dan Noor Khamidah, S.Si. MP.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan pengaruh konsentrasi dalam pemberian ZPT organik Bawang Merah (Allium cepa L.) terhadap pertumbuhan jumlah akar primer, jumlah akar sekunder, panjang akar primer dan panjang akar sekunder stek pucuk Pasak Bumi (Eurycoma longifolia J.).
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor yang terdiri dari 4 perlakuan dosis pemberian ekstrak Bawang merah yaitu K = kontrol tanaman (menggunakan rootone f) 200 ppm atau setara dengan 0,2 g/l, BM1 = Bawang merah 100 g/l, BM2 = Bawang Merah 200 g/l dan BM3 = Bawang Merah 300 g/l, dengan 4 kali ulangan sehingga terdapat 16 satuan percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pemberian ZPT organik Bawang Merah sebanyak 300 g/l dapat mepengaruhi panjang akar primer dari stek pucuk Pasak Bumi, akan tetapi pemberian ZPT organik Bawang Merah 100 g/l, Bawang Merah 200 g/l dan Bawang Merah 300 g/l tidak berpengaruh terhadap pada parameter pengamatan jumlah akar primer, jumlah akar sekunder dan panjang akar sekunder. Konsentrasi ZPT organik Bawang Merah (Allium cepa L.) yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan akar pada teknik stek pucuk tanaman Pasak Bumi (Eurcyoma longifolia J.) adalah 300 g/l.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI