DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI ALGORITMA ROCK (ROBUST CLUSTERING USING LINKS) UNTUK MENGETAHUI POLA CLUSTER PELANGGARAN LALU LINTAS (STUDI KASUS : POLRES BANJARBARU)
PENGARANG:DAHLIA
PENERBIT:FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
TANGGAL:2018-11-02


ABSTRAK
IMPLEMENTASI ALGORITMA ROCK (ROBUST CLUSTERING USING LINKS) UNTUK MENGETAHUI POLA CLUSTER PELANGGARAN LALU LINTAS (STUDI KASUS POLRES BANJARBARU) (Oleh: Dahlia; Pembimbing: Fatma Indriani, S.T, M.IT dan Irwan Budiman, S.T, M.Kom; 2018; 96 halaman)
Polres Banjarbaru telah merekap data pelanggaran lalu lintas berupa data tilang, dimana terdapat data pelanggar, pasal serta sanksi pelanggaran yang dilakukan. Data tersebut dapat dikelola untuk melihat pola cluster pelanggaran lalu lintas yang sering dilakukan. Salah satu algoritma untuk mengetahui pola cluster adalah ROCK (Robust Clustering Using Links). Hasil penelitian yang didapat yaitu Pengaruh Nilai K terhadap nilai kualitas cluster akan mengalami peningkatan nilai seiring dengan nilai K yang diberikan semakin besar, namun akan mengalami penurunan pada saat nilai tertentu untuk nilai K yang lebih besar. Penentuan Nilai θ sangat berpengaruh terhadap nilai K yang dihasilkan. Namun hasil kualitas cluster dinilai tidak bagus karena Nilai K yang diharapkan tidak terpenuhi. Pola cluster terbaik pada pelanggaran lalu lintas pada bulan Januari Minggu ke 1 tahun 2017 terdapat pada K=2 dan θ=0.4 dengan hasil persentase tertinggi pada Anggota Cluster 1 yang bejumlah 75 pelanggar, yaitu 56% berasal dari kecamatan diluar wilayah Kota Banjarbaru, 70.67% berjenis kelamin Laki-laki, 56% berusia remaja, 57.33% memiliki pekerjaan Swasta, 41.33% dikenai ancaman sanksi Ringan. Sedangkan persentase tertinggi pada pada Anggota Cluster 2 yang bejumlah 4 pelanggar, yaitu 50% berasal dari kecamatan Banjarbaru Utara, 100% berjenis kelamin laki-laki, 100% berusia lanjut, 100% memiliki pekerjaan sebagai seorang PNS, dan 50% dikenai ancaman sanksi Ringan dan Sedang.
Kata Kunci : ROCK, Clustering, Pola Cluster, Data Mining, Pelanggaran Lalu Lintas, Tilang

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI