DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN DALAM PEMBUATAN SURAT KETERANGAN KEMATIAN PADA KANTOR KELURAHAN KERTAK BARU ULU KECAMATAN BANJARMASIN TENGAH KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:FEBRINA NUR ALISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-04-13


Febrina Nur Alisa, 2023. “Kualitas Pelayanan Dalam Pembuatan Surat Keterangan Kematian Pada Kantor Kelurahan Kertak Baru Ulu Kecamatan Baanjarmasin Tengah Kota Banjarmasin”. Dibawah bimbingan Avela Dewi.

 

 

 

Penyelenggaraan pelayanan publik merupakan upaya negara untuk memenuhi kebutuhan dasar dan hak-hak sipil setiap warga negara atas barang, jasa, dan pelayanan administrasi yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Kelurahan Kertak Baru Ulu Kota Banjarmasin merupakan instansi yang melayani pembuatan Surat Keterangan Kematian. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kualitas pelayanan terhadap masyarakat dalam pembuatan Surat Keterangan Kematian Pada Kantor Kelurahan Kertak Baru Ulu, (2) Mengetahui faktor-faktor yang menghambat kualitas pelayanan pembuatan Surat Keterangan Kematian Pada Kantor Kelurahan Kertak Baru Ulu.

 

 

 

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk memberikan deskripsi dan gambaran faktual serta akurat secara sistematis. Sumber data yang digunakan berupa data primer dari observasi dan wawancara, serta data sekunder dari buku, jurnal, peraturan dan foto lokasi penelitian. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman dalam Sugiyono (2018), yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.

 

 

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Kematian berjalan kurang optimal, masih terdapat faktor penghambat seperti : (1) masih ada masyarakat yang kurang lengkap membawa berkas, (2) tidak terdapat papan SOP, (3) kurangnya komunikasi mengenai waktu penyelesaian, (4) kurangnya fasilitas komputer. Dari hasil penelitian ini disarankan : (1) perlu meningkatkan pelayanan, (2) perlu dibuatkan papan SOP, (3) perlu memberikan sosialisasi mengenai Surat Keterangan Kematian, (4) perlu dilakukan perbaharuan fasilitas komputer, (5) perlu dilakukan komunikasi lebih mengenai waktu penyelesaian mengenai Surat Keterangan Kematian, (6) perlu diadakan pendidikan dan pelatihan menyangkut penguasaan bidang kerja.

 

 

Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan dan Surat Keterangan Kematian

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI