DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENDIDIKAN POLITIK : PENANAMAN NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM MEMBENTUK PERILAKU POLITIK PADA SISWA - SISWI KELAS XII SMAN 13 BANJARMASIN
PENGARANG:FAUZY NAFARIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-04-15


ABSTRAK

Fauzy Nafarin, 1910413110018, 2023. “Pendidikan Politik : Penanaman Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Membentuk Perilaku Politik Pada Siswa-Siswi Kelas XII SMAN 13 Banjarmasin” dibawah bimbingan Ibu Siti Hamidah.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pendidikan politik : penanaman nilai-nilai demokrasi dalam membentuk perilaku politik pada siswa-siswi kelas XII SMAN 13 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah pihak sekolah SMAN 13 Banjarmasin, terdiri atas Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Guru Pengampu PPKN, Sosiologi, Sejarah, Geografi dan Ekonomi, serta perwakilan siswa-siswi kelas XII SMAN 13 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Sekolah Menengah Atas Negeri 13 Banjarmasin telah melaksanakan pendidikan politik yakni penanaman nilai-nilai demokrasi kepada siswa-siswi kelas XII dengan baik. Pokok pembahasan yang diajarkan kepada siswa-siswi kelas XII adalah mengenai demokrasi dan penerapan nilai-nilai demokrasi terhadap siswa-siswi agar memiliki perilaku politik yang mampu berkontribusi bagi pendewasaan bernegara. Nilai-nilai demokrasi yang diajarkan guru diantaranya yaitu (1) Penyelesaian perselisihan dengan damai, (2) Penyelenggaraan pergantian pimpinan secara teratur, (3) Pengakuan serta menganggap wajar keberagaman. Pada akhirnya nilai-nilai tersebut dapat membuat guru membangun kesadaran dan perilaku politik siswa-siswi kelas XII diantaranya yaitu (1) Keterlibatan dalam pemilihan umum, (2) Arahan mengembangkan bakat atau kepentingan melalui bergabung dengan kelompok kepentingan tertentu, (3) Aktif mengikuti diskusi dan bermusyawarah saat pengambilan keputusan, (4) Menjaga dan menghormati seseorang dalam mengutarakan pendapat, (5) Menjaga persatuan dan integritas pada suatu kelompok.

Kepada Sekolah Menengah Atas Negeri 13 Banjarmasin agar lebih meningkatkan penanaman nilai-nilai positif seperti nilai-nilai demokrasi, sehingga mampu membangun kesadaran hak dan kewajiban siswa-siswinya dan mampu mewujudkan warga negara yang demokratis. Kepada siswa-siswi agar lebih ditingkatkan lagi pengamalan nilai-nilai tersebut, sehingga mampu berpartisipasi dalam perkembangan politik dan pembangunan.

 

Kata Kunci: Pendidikan Politik, Nilai-Nilai Demokrasi dan Perilaku Politik.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI