DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN TEKNOLOGI PENGINDERAAN JAUH DAN SIG UNTUK PENDUGAAN KANDUNGAN KARBON DALAM TANAH PADA LAHAN GAMBUT DI KECAMATAN ALUH - ALUH
PENGARANG:TENTI LINDA LESTARI
PENERBIT:FAKULTAS KEHUTANAN
TANGGAL:2018-11-02


RINGKASAN
TENTI LINDA LESTARI. Pemanfaatan Teknolaogi Penginderaan Jauh dan SIG Untuk Pendugaan Kandungan Karbon Dalam Tanah Pada Lahan Gambut Di Kecamatan Aluh-Aluh yang dibimbing oleh Dr.rer.nat. Ir. H. Wahyuni Ilham, M.P. dan Dr. Ir. Mufidah Asyari, M.P. Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi kandungan karbon dalam tanah pada berbagai tingkat kerapatan vegetasi di lahan gambut dengan menggunakan citra satelit dan Sistem Informasi Geografis (SIG) dan mengeahui potensi karbon tersimpan pada lahan gambut berdasarkan kerapatan vegetasi di Kecamatan Aluh-Aluh.
Pengumpulan data dasar mengenai lahan gambut khususnya yang terkait dengan jumlah emisi karbon yang dapat disimpan dalam tanah sangat diperlukan. Informasi yang terkumpul akan berguna bagi penyelamatan lahan gambut yang telah rusak maupun mempertahankan yang masih utuh, sehingga pengukuran karbon tersimpan dalam tanah perlu dilakukan agar diketahui besarnya karbon tersimpan dalam tanah gambut. Pengambilan data di lapangan untuk pendugaan kandungan karbon dalam tanah menggunakan metode purposive sampling pada setiap klasifikasi kerapatan vegetasi berdasarkan transformasi NDVI (Normalized Difference Vegetation Index). Pengolahan klasifikasi dilakukan secara otomatis menggunakan software ArcMap dengan metode pengkelasan Equal Interval.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai kandungan karbon dalam tanah pada setiap kerapatan vegetasi. Hasil analisis citra menunjukan bahwa klasifikasi kelas kerapatan vegetasi jarang memiliki luas 3233,14 ha, dengan estimasi kandungan karbon sebesar 72.066.690,6 ton. Kerapatan vegetasi sedang memiliki luas 1242,91 ha dengan estimasi kandungan karbon sebesar 17.298.976,1 ton. Kerapatan vegetasi rapat memiliki luas 677,91 ha dengan estimasi kandungan karbon sebesar 7.710.940 ton. Potensi karbon tersimpan pada lahan gambut dari tiga jenis kerapatan vegetasi adalah sebesar 61.692,94 ton/ha. Faktor yang berpengaruh terhadap besarnya potensi karbon tersimpan adalah jumlah kandungan karbon pada setiap kerapatan, nilai bobot isi tanah (bulk density) dan nilai kadar karbon (c-organik) pada setiap kedalaman gambut.
Kata kunci: Lahan gambut, NDVI, Bulk density, C-organik, Karbon tanah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI