DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBUATAN APLIKASI MODIFIKASI ANDROID UNTUK KEGIATAN INVENTARISASI TEGAKAN SEBELUM PENEBANGAN DI HUTAN BUKIT DAMAR GUSANG KECAMATAN BATI-BATI
PENGARANG:NUR FAUZAN
PENERBIT:FAKULTAS KEHUTANAN
TANGGAL:2018-11-02


RINGKASAN
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ditahun 2016 kembali mengeluarkan peraturan P.60 /Menlhk/Setjen/ Kum.1/2016 pada pasal 23 poin 1 yang isinya “Seluruh tahapan penatausahaan hasil hutan kayu dari hutan alam dilaksanakan melalui SIPUHH. Salah satunya adalah penggunaan aplikasi Inventarisasi tegakan sebelum penebangan (ITSP) berbasis android. Smartphone Android telah dilengkapi dengan teknologi Global Positioning System (GPS) yang terhubung dengan satelit sehingga dapat menangkap koordinat tanpa jaringan komersil.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat modifikasi aplikasi ITSP dan mengetahui tingkat perbedaan waktu antara pencatatan manual dengan pencatatan android. Penelitian ini menggunakan metode waterfall yaitu tahapan pembuatan aplikasi android dan metode komparasi untuk membandingkan waktu penggunaan android dan manual pada penggunaan di hutan.
Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi ITSP berbasis android dibuat pada web Thunkabel App dan emulator Thunkable android. Hasil dari perbandingan waktu yang diujikan pada 10 pohon didapat waktu rata-rata penggunaan android 0.38 detik sedangkan manual 0.26 detik. Perbandingan waktu pada 5 petak ukur didapat rata-rata waktu penggunaan android 3.00 detik sedangkan manual 2.11 detik. Faktor yang mempengaruhi penggunaan android lebih lama karena petugas pencatat dengan android kurang terbiasa. Kelebihan pengunaan ITSP android berupa koordinat setiap pohon langsung didapatkan dan hasil data pohon yang telah di input tersimpan dalam ekstensi CSV yang dapat dibuka dengan Microsoft excel, sedangkan kekurangan ITSP manual data pohon harus diketik ulang untuk membuat laporan hasil cruising.
Kata Kunci: ITSP, Aplikasi Android

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI