DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENDAPATAN RUMAH TANGGA NELAYAN JARING KANTONG (TRAMMEL NET) DI KECAMATAN ALUH-ALUH KABUPATEN BANJAR PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:AKHMAD GAZALI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-04


Akhmad Gazali. 2023. Analisis Pendapatan Rumah Tangga Nelayan Jaring Kantong (Trammel Net) di Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Pembimbing : Dr. Leila Ariyani Sofia S.Pi., M.P ; Dr. Hj. Erma Agusliani S.Pi., M.P.

            Banjarbaru. Pendapatan nelayan terkadang sangat fluktuatif, terutama pada musim paceklik yang biasanya ditandai dengan penurunan jumlah hasil tangkapan. Hal ini mengakibatkan fluktuasi harga yang berdampak pada penurunan pendapatan nelayan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur pendapatan dan pola pengeluaran nelayan trammel net di Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar.

            Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Aluh-aluh, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Realisasi lokasi penelitian sengaja dilakukan karena banyak warga yang menggunakan alat tangkap kantong jaring (Trammel Net). Dengan jumlah populasi 50 nelayan yang terdiri dari 40 nelayan pemilik perahu dan 10 nelayan buruh, metode pengambilan sampel menggunakan sensus. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2022 sampai dengan Maret 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang dapat diartikan sebagai suatu prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan kondisi subjek penelitian. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis pendapatan dan analisis konsumsi.

            Total pendapatan rumah tangga nelayan jaring kantong di Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Pendapatan dari hasil tangkapan nelayan yang memiliki perahu adalah Rp 104.814.532/tahun dan pendapatan dari bercocok tanam di sawah adalah Rp 17.188.750/tahun. Pendapatan dari hasil tangkapan nelayan buruh perahu adalah Rp. 17.616.000/tahun dan pendapatan dari usaha tani di sawah Rp. 5.500.000/tahun. Pola pengeluaran rumah tangga nelayan pemilik perahu dan buruh nelayan di Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan terdiri dari Konsumsi Pangan (beras, ikan, sayur dan susu), Pendidikan, Kesehatan, dan Listrik.

Kata Kunci : Nelayan, Rumah Tangga, Struktur Pendapatan, Sejahtera.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI