DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (STUDI KASUS PADA SEKTOR PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2017-2019)
PENGARANG:MUHAMMAD FAIDUR RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-05


Muhammad Faidur Rahman (2022). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Penghindaran Pajak Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2017-2019. Pembimbing: Sarwani.

Penelitian ini dilakukan untuk (1) Menguji dan menganalisis pengaruh Leverage terhadap Penghindaran Pajak pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI, (2) Menguji dan menganalisis Ukuran Perusahaan terhadap Penghindaran Pajak pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI, (3) Menguji dan menganalisis pengaruh Profitabilitas terhadap Penghindaran Pajak pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI.

Sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018. Data diolah dengan teknik Analisis Regresi Linear Berganda dengan Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Multikolonieritas, dan Uji Autokorelasi), Koefisien Determinasi (R2) dan Uji Hipotesis (Uji t) menggunakan SPSS 25.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap penghindaran pajak, sedangkan profitabilitas berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI