DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERSEPSI MASYARAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK PADA KAWASAN WISATA PANTAI TABANIO KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:RIZQITA SHELIN AYUDIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-08


Rizqita Shelin Ayudia, NIM: 1910411320002 (2023). Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik pada Kawasan Wisata Pantai Tabanio Kabupaten Tanah LautI”. Di bawah bimbingan Enly Hadiyanor.

 

ABSTRAK

 

Kualitas pelayanan publik yang dilakukan oleh pengelola kawasan wisata akan mempengaruhi persepsi masyarakat untuk mengunjungi kawasan wisata tersebut. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mendeskripsikan persepsi masyarakat dan faktor pendukung-penghambat pelayanan publik oleh pihak pengelola kawasan wisata Pantai Tabanio Kabupaten Tanah Laut.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua masyarakat yang mengunjungi Pantai Tabanio dengan teknik pengambilan sampel secara sampling aksidental berjumlah 30 orang yang berumur di atas 15 tahun. Persepsi masyarakat dan faktor pendukung-penghambat pelayanan publik, diukur berdasarkan aspek tangibility, reliability, responsiveness, assurance dan empathy.  Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentasi katagori.

Hasil Penelitian menunjukkan, bahwa 1) secara keseluruhan 5 indikator persepsi yang diberikan masyarakat tentang pelayanan publik yang diberikan pengelola kawasan wisata Pantai Tabanio sebesar 59,7 dengan katagori Cukup Baik, 2) cukup banyak dan bervariasi faktor pendukung yang perlu diupayakan untuk dioptimalkan dan faktor penghambat yang perlu diturunkan agar persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik oleh pengelola semakin baik.

Melalui penelitian ini, saran yang diberikan meliputi; 1) Pengelola kawasan wisata pantai Tabanio agar  melakukan revitalisasi dalam upaya meningkatkan pelayanan. 2) Pengelola kawasan wisata pantai Tabanio agar meningkatkan kualitas dan kuantitas faktor-faktor yang mendukung  dan menurunkan faktor-faktor yang menjadi pengambat pelayanan. 3) Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut perlu meningkatkan peran-sertanya dalam melakukan pembinaan Pokdarwis Pantai Tabanio. 4). Perlu dilakukan penelitian lanjutan tentang upaya meningkatkan pelayanan publik yang dikaji melalui 5 sub-variabel yang telah diteliti. Saran-saran tersebut diberikan agar agar persepsi oleh masyarakat dalam pelayanan publik yang dilakukan oleh pengelola semakin baik, kualitas pengelola dapat bekerja secara profesionalisme yang dalam upaya peningkatan kunjungan wisatawan.

 

Kata Kunci:Persepsi masyarakat, pelayanan publik, wisata pantai Tabanio


 

 

Public Perception of Public Services in The Tabanio Beach Tourism Area in Tanah Laut Regency. Rizqita Shelin Ayudia, NIM: 1910411320002: Supervisor: Enly Hadiyanor, S.IP, M.Si.

 

ABSTRACT

 

The quality of public services performed by managers of tourism areas will affect public perceptions of visiting these tourism areas. The purpose of this research is to describe public perceptions and supporting-inhibiting factors for public services carried out by managers of Tabanio Beach tourism area in Tanah Laut Regency.

This research use survey approach with a quantitative descriptive research type. The population in this research are all tourists who visited Tabanio Beach by by using accidental sampling technique, total sampling is 30 which tourists whose age are over 15 years. The public perceptions and supporting-inhibiting factors for public services are measured based on tangibility, reliability, responsiveness, assurance and empathy aspects. The research data is analyzed by descriptive quantitative technique in the form of category percentages.

The results of the research show that 1) overall 5 indicators of public perception of public services carried out by the manager of the Tabanio Beach tourism area are 59.7 in the Good Enough category, 2) there are quite a lot and varied supporting factors need to be optimized and inhibiting factors need to be reduced to publict make better perceptions of public services performed by taurisme areas managers.

Suggestions that can be given with this research are; 1) Managers of the Tabanio beach tourism area to carry out revitalization in an effort to improve services. 2) Managers of the Tabanio beach tourism area to improve the quality and quantity of the factors that support and reduce the factors that hinder service. 3) The Tourism Office of Tanah Laut Regency needs to increase its participation in coaching the Tabanio Beach Pokdarwis. 4). It is necessary to carry out further research on efforts to improve public services which are examined through sub-variables namely tangibility, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. These suggestions are given so that people's perceptions of public services performed by managers are getting better, the quality of professionally managers which in turn can increase the number of visiting tourists.

 

Keywords:public perception, public service, Tabanio beach tourism

 


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI