DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DESA DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA BAJUH KECAMATAN KAPUAS TENGAH KABUPATEN KAPUAS PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
PENGARANG:BAYU FEBRIAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-08


ABSTRAK

 

 

Bayu Febrian, 1810413610039, 2023:“Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Desa Dalam Pelaksanaan Pembangunan Desa Bajuh Kecamatan Kapuas Tengah Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah”

Di bawah bimbingan Dr. Gazali Rahman, S.Sos, M.Si

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan asli desa untuk pelaksanaan pembangunan Bajuh Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah. Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan Pendapatan Asli Desa Bajuh Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah.

Jenis penelitian yang dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Fokus penelitian terdiri dari upaya peningkatan asli desa untuk pelaksanaan pembangunan Desa Bajuh Kecamatan Kapuas Tengah Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah melalui pemungutan retribusi tambang tradisional dan dana perimbangan pusat dan daerah (ADD) Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah. Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan Pendapatan Asli Desa Bajuh Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, upaya peningkatan pendapatan asli desa dalam pelaksanaan pembangunan Desa Bajuh Kecamatan Kapuas Tengah Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah sudah dilakukan oleh pemerintah desa dengan melakukan pemungutan retribusi tambang tradisional dan dana perimbangan pusat dan daerah yang sudah dilaksanakan dengan baik. Faktor penghambatnya dari pemerintah desa adalah kurang optimalnya kemampuan pemerintah desa dalam mengelola sumber daya alam yang ada di desa, kurangnya koordinasi yang baik antara pemerintah desa dan masyarakat desa dalam pelaksanaan program kerja pemerintah desa untuk pembangunan desa.

 

Kata Kunci: Retribusi, Dana Perimbangan, Kerangka Optimal, Sumber Daya Alam, Koordinasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI