DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN SKALA PRIORITAS PADA PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN METODE ELECTRE
PENGARANG:RAMADONI NOOR RACHMAN
PENERBIT:FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
TANGGAL:2018-11-06


ABSTRAK
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN SKALA PRIORITAS PADA SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN METODE ELECTRE (Oleh : Ramadoni Noor Rachman; Pembimbing : Andi Farmadi, S.Si., M.T. dan Radityo Adi Nugroho, S.T., M.Kom; 2018; 96 Halaman)
Sistem informasi rumah sakit merupakan sebuah sistem informasi yang dikembangkan untuk membantu manajemen rumah sakit. Sistem ini membutuhkan manajemen yang baik, agar sistem dapat dibangun sesuai dengan kebutuhan. Dalam pembangunannya dibutuhkan skala prioritas yang dapat menjadi pertimbangan untuk menentukan yang didahulukan dalam pengembangannya. Untuk menentukan skala prioritas dibuatlah sistem pendukung keputusan. Pada penelitian ini, sistem pendukung keputusan penentuan skala prioritas menggunakan metode ELECTRE (Élimination Et Choix Traduisant la Réalité). ELECTRE merupakan salah satu metode pengambilan keputusan multikriteria berdasarkan pada konsep outrangking dengan membandingkan pasangan alternatif-alternatif berdasarkan setiap kriteria yang sesuai. Metode ELECTRE digunakan pada kondisi dimana alternatif yang kurang sesuai dengan kriteria dieliminasi, dan alternatif yang sesuai dapat dihasilkan. Hali ini sesuai dengan cara penentuan skala prioritas, dimana alterantif di urutkan dari yang paling penting hingga yang bisa ditunda pemenuhannya. Oleh sebab itu, ELECTRE adalah salah satu metode yang sesuai untuk permasalahan yang diangkat pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode ELECTRE dapat menjadi solusi dalam pengambilan keputusan dan sistem pendukung keputusan dapat membantu manajemen rumah sakit dalam mengembangkan sistem informasi rumah sakit.
Kata Kunci : Sistem Informasi Rumah Sakit, Skala Prioritas, ELECTRE, Sistem Pendukung Keputusan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI