DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EKSPRESI WACANA BERITA SOSIAL DAN POLITIK DALAM MEDIA “KLIKKALIMANTAN.COM”
PENGARANG:WAHYU TRISNA TRI KUSUMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-10


ABSTRAK

Wati, Wahyu Trisna Tri Kusuma. 2021. Ekspresi Wacana Berita Sosial dan Politik Dalam Media “Klikkalimantan.com”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Sabhan, M.Pd.; (II) Faradina, M.Pd.

 

Kata kunci: wacana, bentuk ekspresi,

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk ekspresi bahasa dan perspektif wacana berita sosial dan politik dalam media klikkalimantan.com. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ialah berita sosial dan politik dalam surat kabar Kedaulatan Rakyat. Ada 24 (dua puluh empat) wacana berita sosial dan politik yang dijadikan sampel. Objek penelitian ialah bentuk ekspresi dan perspektif wacana berita sosial dan politik. Instrumen penelitian ialah peneliti sendiri. Data diperoleh dengan metode simak, dengan teknik baca dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan ialah padan referensial. Keabsahan data diperoleh melalui ketekunan pengamatan dan penggunaan bahan referensi.

Hasil penelitian menunjukkan kan: Pertama, bentuk ekspresi bahasa dalam penelitian ialah modalitas wacana berita sosial yang meliputi modalitas kebenaran ada 2 (dua); modalitas keinginan ada 7 (tujuh); modalitas wacana berita politik meliputi modalitas kebenaran ada 7 (tujuh); modalitas keinginan ada 14 (empat belas).

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI