DIGITAL LIBRARY



JUDUL:RITUAL BASADIRI PADA MASYARAKAT DESA BATUAH KECAMATAN SERANAU KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR
PENGARANG:LISA ALVIONISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-10


                                ABSTRAK

Lisa Alvionisa, 2023. Ritual Basadiri pada Masyarakat Desa Batuah Kecamatan Seranau Kabupaten Kotawaringin Timur, Skripsi ProgramPendidikan Sosiologi. JurusanPendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. FakultasKeguruandanIlmuPendidikan. Universitas LambungMangkurat.Pembimbing(I)Syahlan Mattiro, (II) Rahmat Nur.

Kata Kunci: Ritual Basadiri, Proses Ritual, Makna Ritual.

Pada masyarakat Desa Batuah Kecamatan Seranau Kabupaten Kotawaringin Timur terdapat suatu kepercayaan keagamaan yaitu Ritual Basadiri. Ritual Basadiri ialah membersihkan diri agar terhidar dari segala hal negatif yang ditimbulkan oleh kekuatan supranatural. Kemudian kepercayan itu diaplikasikan dalam bentuk ritual Basadiri yang bertujuan membersihkan diri dari kesialan dan guna menolak bala pada ibu hamil anak pertama yang usia kandungannya menginjak tujuh bulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :  (1) Proses pelaksanaan  ritual Basadiri. (2) Makna yang terkandung dalam ritual Basadiri.

 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumberdata dipilih secara Snowball Sampling dan informan dalam penelitian ini berjumlah 4orang. Teknik pengambilan data yang digunakanyaitu observasi, wawancara dandokumentasi yang dilakukan pada Desember 2021 hingga Mei 2022. Teknik analisisdatayang digunakan dala penelitian ini adalah reduksi data, penyajiandata, danpenarikankesimpulan. Pengujian keabsahan data yang dilakukan yakni: triangulasi (sumber, waktu dan teknik).

Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Proses pelaksanaan  ritual Basadiri ada tiga tahap yaitu, persiapan ritual, kegiatan inti pada ritual, dan penutup. Persiapan dimulai dengan mempersiapkan perlengkapan ritual dan pembuatan sesajen. kegiatan inti pada ritual dimulai dengan pemberian tampung tawar dan pembacaan do’a. Penutup dimulai dengan melarung sesajen yakni sesajen rokok gantal dan sesajen bapatungan. (2) Makna yang terkandung dalam ritual Basadiri yaitu pertama adalah ritual Basadiri merupakan wujud kepercayaan dari masyarakat Desa Batauah itu sendiri yakni agama islam. Kedua ketenangan, adapun ritual Basadiri ini telah dilaksanakan akan menimbulkan perasaan tenang. Ketiga keselamatan, ritual Basadiri ini pula bermakna keselamatan bagi masyarakat Desa Batuah yang mempercayainya. Keempat keamanan, Ritual Basadiri ini ketika dilaksanakan mampu menolak segala bala yang akan terjadi pada ibu hamil dan si bayi.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada masyarakat Desa Batuah Kecamatan Seranau Kabupaten Kotawaringin Timur agar ritual Basadiri ini dijadikan wadah atau tempat berkumpul bagi masyarakat agar lebih terjalinnya ikatan silaturahmi dan  solidaritas antar masyarakat.


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI