DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN VIRTUAL KARAKTER PADA MATA KULIAH E-COMMERCE DAN NETWORKING BISNIS DENGAN PENDEKATAN DEDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:Lulu Syahrina Syafrida
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-11


Virtual karakter banyak ditemukan pada beberapa media entertaining seperti game online atau film, namun karakter virtual juga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Pengembangan video pembelajaran menggunakan virtual karakter dengan pendekatan deduktif pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP ULM Banjarmasin pada mata kuliah E-Commerce dan Networking Bisnis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang memiliki empat tahapan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini merupakan penelitian statistik deskriptif dengan menganalisis data yang diperoleh dari kuosioner ahli materi, ahli naskah bahasa, dan ahli media dengan pengumpulan data berdasarkan pada wawancara, kuosioner atau angket, dan tes hasil belajar yang sudah diuji vailditas dan reliabilitasnya.

Uji coba produk menggunakan one-group pretest-posttest design untuk membandingkan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan video pembelajaran. Hasil peneilitian menunjukkan bahwa video pembelajaran layak digunakan dengan skor tes hasil belajar N-Gain (normalized gain score) dari total 20 mahasiswa adalah 0,73 yang diinterpretasikan ke dalam kategori tinggi dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Dari penelitian pengembangan ini peneliti dapat merekomendasikan pengembangan dan pemanfaatan media pembelajaran sebagai alat bantu proses pembelajaran dengan tetap memperhatikan media dapat benar-benar membantu peserta didik dan sesuai dengan karakteristik peserta didik serta materi yang berkesinambungan dengan media.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI