DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERMAINAN PETUALANGAN BERBASIS ANDROID UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA STRUKTUR ATOM (Studi Kasus : Siswa Kelas 3 IPA SMAN 3 Banjarbaru)
PENGARANG:M. ALVIN DAMAZ ALGIFFARI
PENERBIT:FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
TANGGAL:2018-11-14


ABSTRAK
PERANCANGAN PERMAINAN PETUALANGAN UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA STRUKTUR ATOM BERBASIS ANDROID
(Oleh : M. Alvin Damaz Al; Pembimbing : Radityo Adi Nugroho, S.T., M.Kom. dan Muliadi, S.Kom, M.Cs; 2018; 84 Halaman)
Perkembangan teknologi multimedia telah menjanjikan potensi besar dalam mengubah cara seseorang untuk belajar, untuk memperoleh informasi, menyesuaikan informasi dan sebagainya. Multimedia juga menyediakan peluang bagi pendidik untuk mengembangkan teknik pembelajarannya. Salah satu multimedia yang bisa meningkatkan proses belajar siswa adalah game. Penulis melakukan pengujian t - test untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan terhadap proses belajar siswa atau tidak. Pengujian soal ini dilakukan dengan pretest dan posttest. Hasil yang didapatkan dari pengujian tersebut Menunjukkan bahwa rata – rata nilai hasil belajar siswa sebelum penggunaan aplikasi permainan adalah 44,44 dan sesudah penggunaan aplikasi permainan adalah 58,33, dan hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka kita dapat simpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara hasil belajar kimia pada pre test dan post test. Hasil kuisioner terkait penggunaan aplikasi ini juga menunjukan hasil yang positif.
Kata Kunci : Permainan Edukasi, RPG Maker MV, Paired Sample T - Test

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI