DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IDENTIFIKASI KANDUNGAN FITOKIMIA TIGA JENIS TUMBUHAN DARI HUTAN MANGROVE
PENGARANG:LELI SRINENGRI
PENERBIT:FAKULTAS KEHUTANAN
TANGGAL:2018-11-14


RINGKASAN
LELI SRINENGRI. Identifikasi Kandungan Fitokimia Tiga Jenis Tumbuhan dari Hutan Mangrove dibimbing oleh Ir. Hj. HENNY ARRYATI, M.P dan YUNIARTI, S.Hut, M.Si.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi senyawa kimia aktif secara kualitatif dengan melakukan uji fitokimia pada tumbuhan Api-api Putih, Api-api Hitam dan Pidada. Berdasarkan hasil penelitian senyawa kimia aktif yang paling banyak ditemukan pada tumbuhan Api-api Putih, Api-api Hitam dan Pidada adalah senyawa steroid, kemudian senyawa saponin. Senyawa aktif alkaloid, triterpenoid, flavonoid dan quinon hanya ditemukan beberapa saja pada tumbuhan tersebut.
Berdasarkan identifikasi kandungan fitokimia yang terdapat pada ketiga jenis tumbuhan tersebut, senyawa aktif alkaloid terdapat pada bagian daun Api-api Putih, akar Api-api Hitam dan Pidada serta kulit Pidada. Senyawa alkaloid ditandai dengan adanya endapan putih pada tabung 1 menggunakan pereaksi Mayer atau endapan coklat pada tabung 2 menggunakan pereaksi Wagner dan atau endapan jingga pada tabung 3 menggunakan pereaksi Dragendorf. Steroid terdapat pada ketiga jenis dan bagian tumbuhan tersebut kecuali pada bagian batang Api-api Hitam. Steroid ditandai dengan berubahnya larutan uji menjadi Biru Kehijauan. Triterpenoid hanya terdapat pada bagian batang Api-api Hitam yang ditandai dengan berubahnya larutan uji menjadi warna merah. Flavonoid terdapat pada bagian daun Api-api Putih dan Api-api Hitam serta pada bagian kulit Api-api Hitam dan Pidada, yang ditandai dengan terbentuknya warna merah pada larutan uji. Quinon terdapat pada bagian akar dan kulit Pidada yang
ditandai dengan terbentuknya warna merah pada larutan uji. Saponin terdapat pada semua jenis dan bagian tumbuhan tersebut kecuali pada bagian batang ketiga jenis tersebut. Saponin ditandai dengan jika terbentuk busa yang tetap stabil pada larutan uji.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI