DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | IMPLEMENTASI TES OBJEKTIF BERBASIS PENILAIAN HOTS DALAM PEMBELAJARAN PPKN DI SMPN 2 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | HUSNUL KHATIMAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-05-24 |
Husnul Khatimah. 2023. Implementasi Penilaian Tes Objektif Berbasis Penilaian
HOTS Dalam Pembelajaran PPKn Di Smp Negeri 2 Banjarmasin. 2023.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) FKIP Universitas Lambung
Mangkurat. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Fatimah, M. Hum.
Kata Kunci: Penilaian HOTS, Tes Objektif, Guru PPKn
Masalah Pokok pada penelitian ini adalah saat ini kita berada pada era
pendidikan abad 21 yang menenkankan peserta didik pada berpikir kritis,kreatif,
kolaborasi dan komunikasi namun pada tes objektif yang disusun sebagai Penilaian
Tengah Semester Genap di SMP Negeri 2 Banjarmasin lebih mendominasi pertanyaan
kategori rendah dibandingkan dengan pertanyaan-pertanyaan kategori tingkat tinggi
(HOTS). Tujuan penelitian ini untuk mendeksripsikan penerapan dan kesulitan guru
PPKn dalam mengimplementasikan penilaian tes objektif berbasis penilaian HOTS.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi dan menggunakan lembar pengamatan kemampuan guru (APKG). Teknik
analisis data dilakukan dengan tahap pemilihan data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan kemudian melakukan kualifikasi soal HOTS.
Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa : (1) Penerapan penilaian tes objektif
berbasis penilaian HOTS belum dilakukan dengan maksimal pertanyaan-pertanyaan
yang mendominasi pada tes objektif adalah pertanyaan dengan kategori rendah (Lower
Order Thingking Skills) dibandingkan dengan pertanyaan dengan kategori tinggi
(Higher Order Thingking Skills) (2) kesulitan guru PPKn dalam menerapkan penilaian
HOTS adalah pada kemampuan daya pikir peserta didik yang berbeda-beda ada yang
unggul dan ada yang masing kurang.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan tes objetif berbasis penilaian
HOTS yang dilakukan guru PPKn SMP Negeri 2 Banjarmasin belum terlaksana dengan
maksimal. Dan secara umum permasalahan terletak pada kemampuan peserta didik dan
keaktifan peserta didik. Dalam Penelitian ini disarankan penerapan penilaian tes
objektif dapat disusun dengan memuat lebih banyak pertanyaan dengan tingkatan
HOTS dan guru hendaknya memahami dengan baik mengenai penilaian berbasis
HOTS.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI