DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI TES OBJEKTIF BERBASIS PENILAIAN HOTS DALAM PEMBELAJARAN PPKN DI SMPN 2 BANJARMASIN
PENGARANG:HUSNUL KHATIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-24


Husnul Khatimah. 2023. Implementasi Penilaian Tes Objektif Berbasis Penilaian

HOTS Dalam Pembelajaran PPKn Di Smp Negeri 2 Banjarmasin. 2023.

Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) FKIP Universitas Lambung

Mangkurat. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Fatimah, M. Hum.

 

 

Kata Kunci: Penilaian HOTS, Tes Objektif, Guru PPKn

 

   Masalah Pokok pada penelitian ini adalah saat ini kita berada pada era

pendidikan abad 21 yang menenkankan peserta didik pada berpikir kritis,kreatif,

kolaborasi dan komunikasi namun pada tes objektif yang disusun sebagai Penilaian

Tengah Semester Genap di SMP Negeri 2 Banjarmasin lebih mendominasi pertanyaan

kategori rendah dibandingkan dengan pertanyaan-pertanyaan kategori tingkat tinggi

(HOTS). Tujuan penelitian ini untuk mendeksripsikan penerapan dan kesulitan guru

PPKn dalam mengimplementasikan penilaian tes objektif berbasis penilaian HOTS.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.

Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan

dokumentasi dan menggunakan lembar pengamatan kemampuan guru (APKG). Teknik

analisis data dilakukan dengan tahap pemilihan data, penyajian data, dan penarikan

kesimpulan kemudian melakukan kualifikasi soal HOTS.

Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa : (1) Penerapan penilaian tes objektif

berbasis penilaian HOTS belum dilakukan dengan maksimal pertanyaan-pertanyaan

yang mendominasi pada tes objektif adalah pertanyaan dengan kategori rendah (Lower

Order Thingking Skills) dibandingkan dengan pertanyaan dengan kategori tinggi

(Higher Order Thingking Skills) (2) kesulitan guru PPKn dalam menerapkan penilaian

HOTS adalah pada kemampuan daya pikir peserta didik yang berbeda-beda ada yang

unggul dan ada yang masing kurang.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan tes objetif berbasis penilaian

HOTS yang dilakukan guru PPKn SMP Negeri 2 Banjarmasin belum terlaksana dengan

maksimal. Dan secara umum permasalahan terletak pada kemampuan peserta didik dan

keaktifan peserta didik. Dalam Penelitian ini disarankan penerapan penilaian tes

objektif dapat disusun dengan memuat lebih banyak pertanyaan dengan tingkatan

HOTS dan guru hendaknya memahami dengan baik mengenai penilaian berbasis

HOTS. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI