DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN PROGRAM ADIWIYATA DENGAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 29 BANJARMASIN
PENGARANG:SEPTIA SELA ANGGRAENI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-24


Kerusakan lingkungan yang terjadi sebagian besar disebabkan oleh ulah manusia. Kurangnya kesadaran manusia terhadap kelestarian lingkungan dipengaruhi oleh pola pikir yang menganggap hal buruk menjadi hal biasa. Program adiwiyata adalah salah satu program yang dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan siswa.   

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan program adiwiyata dengan sikap peduli lingkungan pada peserta didik di SMP Negeri 29 Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel seluruh kelas sebanyak 180 orang siswa. Teknik  pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis datanya menggunakan Uji Mann Whitney pada taraf signifikansi 0,05 dengan menggunakan bantuan perhitungan SPSS versi 22.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan program adiwiyata dengan sikap peduli lingkungan yang terlihat pada hasil Uji Mann Whitney yaitu sebesar Asymp.Sig.(2-tailed) ,000 < 0,05. Melalui data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis penelitian diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan program adiwiyata dengan sikap peduli lingkungan pada peserta didik di SMP Negeri 29 Banjarmasin. 

Berdasarkan hasil penelitian disarankan sekolah dapat meningkatkan pengelolaan fasilitas dan sarana terkait program adiwiyata serta mempertahankan predikat Adiwiyata dengan berbagai kegiatan yang sudah dijalankan, dan memberikan penghargaan kepada siswa secara konsisten yang aktif dalam kegiatan pelestarian lingkungan sebagai duta Adiwiyata sehingga akan memicu semangat siswa dalam melestarikan lingkungan. Saran bagi sekolah-sekolah yang belum mendapatkan predikat program adiwiyata agar melaksanakan berbagai kegiatan yang berbasis lingkungan. 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI