DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KETERLIBATAN MAHASISWA DALAM UKM FKIP MENGAJAR ULM UNTUK PENGUATAN KARAKTER PEDULI SOSIAL
PENGARANG:NURUL HUDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-24


Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis terhadap keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan UKM FKIP MENGAJAR ULM 2) menganalisis bentuk-bentuk kegiatan penguatan karakter peduli sosial di UKM FKIP MENGAJAR ULM.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data dipilih secara Purposive Sampling, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh dan dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian ini ditemukan bahwa : 1)keterlibatan pengurus menghadiri kegiatan yang cukup baik, keterlibatan pengurus dalam menyampaikan pendapat, saran dan kritik yang berdasarkan dari kegiatan semisal kegiatan dilakukan online pengurus menjadi pasif sebaliknya ketika ofline pengurus aktif dalam menyampaikan pendapat, saran dan kritik, keterlibatan saat dilapangan cukup baik 2) bentuk penguatan karakter melalui tiga tahapan yaitu tahap pemahaman, tahap pelaksanaan dan tahap kebiasaan. Tahap yang dianggap sangat relevan yaitu tahap pelaksanaan yang dilakukan secara langsung ke lapangan. Namun terdapat kendala yaitu kehadiran dan keterlibatan pengurus yang tidak bisa berhadir karena kesibukan individu.

Dari hasil penelitian disarankan pengurus UKM FKIP MENGAJAR ULM untuk meningkatkan keterlibatan kepengurusan dalam kegiatan yang diadakan oleh UKM FKIP MENGAJAR ULM aktif dalam memberikan sebuah pemikiran-pemikiran maupun aktif dalam menyumbangkan tenanganya dalam sebuah kegiatan di lapangan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI