DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KANDANG BURUNG PUYUH TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI (Brassica juncea L.)
PENGARANG:M. RAHMAN
PENERBIT:FAKULTAS PERTANIAN
TANGGAL:2018-11-16


RINGKASAN
M. RAHMAN, Pengaruh Pemberian Pupuk Kandang Burung Puyuh Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Sawi (Brassica juncea L.). Dibawah bimbingan Bapak H. Akhmad Gazali dan Ibu Tuti Heiriyani.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serta mendapatkan dosis yang terbaik dalam meningkatkan pertumbuhan dan produksi pada tanaman sawi (Brassica juncea L.). Penelitian ini dilaksanakan di Lahan Percobaan Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Penelitian ini berlangsung selama 3 bulan dimulai dari bulan Maret sampai Mei 2018.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktor tunggal yang terdiri dari 5 perlakuan yaitu P0 = Tanpa pemberian pupuk kandang burung puyuh (Kontrol), P1 = Pemberian pupuk kandang burung puyuh 10 t ha-1 (1 kg/petak), P2 = Pemberian pupuk kandang burung puyuh 15 t ha-1 (1,5 kg/petak), P3 = Pemberian pupuk kandang burung puyuh 20 t ha-1 (2 kg/petak), P4 = Pemberian pupuk kandang burung puyuh 25 t ha-1 (2,5 kg/petak).
Hasil penelitian ini didapatkan bahwa pemberian pupuk kandang burung puyuh berpengaruh terhadap tinggi tanaman umur (14, 21 dan 28) hst, jumlah daun umur (21 dan 28) hst, lebar daun umur (14, 21 dan 28) hst dan berat basah sawi pada saat panen (28 hst) dengan pengaruh terbaik pada dosis 1 kg/petak (1x1) m2.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pemberian pupuk kandang burung puyuh memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman sawi mulai umur 14 hst, antara lain terhadap tinggi tanaman, lebar daun dan berat basah tanaman. Dosis pupuk kandang burung puyuh adalah 10 t ha-1 (1 kg/petak) terhadap semua parameter diatas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI