DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) DI MAN 2 BARITO KUALA
PENGARANG:NITA SOVIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-24


ABSTRAK

Nita Soviana. 2023. Implemntasi Nilai-nilai Demokratis dalam Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Di MAN 2 Barito Kuala. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (1) Fatimah, (II) Rabiatul Adawiah.

Kata Kunci : Nilai-nilai, Demokratis, OSIS.

Implementasi budaya demokratis di lingkungan sekolah sangat penting untuk diwujudkan di era melenial ini yang mempunyai dua mata sisi uang, disatu sisi merupakan peluang untuk kemajuan dan di sisi lain ancaman terhadap krisis identitas suatu bangsa dengan menghadiri revolusi industry 4.0 yang seiring dengan mudahnya berbagai kultur dan peradaban baru dari berbagai bangsa di dunia masuk dan tidak sepenuhnya cocok dengan budaya masyarakat Indonesia. Itu artinya, dunia pendidikan dalam mencetak sumber daya manusia yang bermutu dan profesional harus menyiapkan generasi yang demokratis, sehingga yang memiliki resistence yang kokoh di tengah tengah konflik peradaban. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui implementasi nilai-nilai demokrasi dalam kegiatan OSIS di MAN 2 Barito Kuala (2) mengetahui faktor pendorong dan faktor penghambat dalam implementasi nilai-nilai demokrasi dalam kegiatan OSIS di MAN 2 Barito Kuala

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implemntasi Nilai-nilai Demokratis dalam Kegiatan di OSIS MAN 2 Barito Kuala terlaksana dalam beberapa proses yaitu, perancanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Faktor pendorong implementasi nilai-nilai demokratis dalam kegiatan OSIS di MAN 2 Barito Kuala adalah arahan yang diberikan oleh pembina OSIS. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan pengetahuan mengenai nilai-nilai demokratis, tidak adanya sosialisasi atau penyuluhan yang dilakukan oleh pihak sekolah dan pengalam organisasi pengurus OSIS yang kurang.

Berdasakan hasil penelitian ini disarnkan bagi sekolah agar lebih mengarahkan serta mendukung siswa/siswi terutama dalam OSIS untuk mengimplemntasikan nilai-nilai demokratis dalam berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan baik pada lingkungan sekolah maupun dalam kehidupansehari-hari.


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI