DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Register Pandai Besi di Desa Tumbukan Banyu Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan
PENGARANG:IKHWANUL ILMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-24


ABSTRAK

 

Ikhwanul Ilmi. 2023. Register Pandai Besi di Desa Tumbukan Banyu Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Dr. H. M. Rafiek, M. Pd.; (2) Lita Luthfiyanti, M. Pd.

 

Kata Kunci: Register, Pandai Besi, Desa Tumbukan Banyu

 

          Register merupakan variasi bahasa yang digunakan masyarakat dengan minat atau pekerjaan yang sama sehingga menghasilkan bahasa khusus bagi penggunanya. Pandai besi merupakan individu atau kelompok yang bekerja di bengkel besi untuk mengolah besi menjadi perkakas. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan register pandai besi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.

            Hasil penelitian ini menunjukkan fenomena register pandai besi terdapat beberapa bentuk dan fungsi sesuai dengan kegunaannya di masyarakat yang berprofesi sebagai pandai besi. Bentuk register pada pandai besi yaitu selingkung terbuka dan selingkung tertutup. Fungsi yang terdapat pada register pandai besi di Desa Tumbukan Banyu berupa: fungsi instrumental dan informatif.Contoh register selingkung terbuka seperti mandau, parang, lading, kapak, pahat, tukul, tajak, kikir, tangguk, pulasan, samurai, linggis, wasi. Register selingkung tertutup seperti lantungan, simpai, landasan, lumpang, sakrap, parapin, panggudam, dudus, kidus, parang bungkul, parang balirih, pir cacing, pir motor, pir motor loging, wasi waja, sasapit, ayakan harang, dan harang ulin. Register berdasarkan fungsi instrumental berupa, sapuh akan dulu parang, gurinda akan wasi, tolong angkat harang, dan ayak akan pang harang. Register fungsi informatif berupa Pinanya sadang ai sudah wasi tuh diangkit.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI