DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI SMP NEGERI 15 BANJARMASIN
PENGARANG:RENNY DWI AYUNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-25


Kaitan guru dengan multimedia pembelajaran bisa saling berkolaborasi untuk menghadirkan sebuah media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Dari hasil wawancara, salah satu multimedia pembelajaran sudah pernah digunakan pada siswa angkatan 2019 dan hanya digunakan pada angkatan tersebut, akan tetapi tidak dipergunakan kembali di berbagai  angkatan. Sehingga tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui kualitas isi materi dan penyajian media pada multimedia pembelajaran tata surya, (2) mengetahui hasil belajar siswa pada saat menggunakan multimedia pembelajaran tata surya, (3) mengetahui kelayakan media pada multimedia pembelajaran tata surya untuk diimplementasikan pada sekolah lain. Jenis evaluasi yang digunakan yaitu Evaluasi Sumatif dengan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil validasi kualitas dan kelayakan penyajian materi dan media pada multimedia pembelajaran dalam mata pelajaran IPA adalah “Sangat Layak”. Setelah menggunakan multimedia pembelajaran tata surya, hasil belajar siswa meningkat. Hal tersebut berdasarkan hasil uji N-gain menunjukan nilai gain sebesar 0,598  “Sedang” berdasarkan nilai gain tersebut,  dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran tata surya pada mata pelajaran IPA kelas VII layak di uji cobakan pada sekolah lain, selain di SMP Negeri 15 Banjarmasin.

 

 

Kata Kunci: Evaluasi, Multimedia Pembelajaran, Evaluasi Sumatif, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Hasil Belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI