DIGITAL LIBRARY



JUDUL:REGISTER PETANI KELAPA SAWIT DI DESA MANUNGGUL LAMA KECAMATAN SUNGAI DURIAN KABUPATEN KOTABARU
PENGARANG:AGNES ERFINA BELEMBELE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-25


Belembele, Agnes Erfina. 2023. Register Petani Kelapa Sawit di Desa Manunggul Lama Kecamatan Sungai Durian Kabupaten Kotabaru. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.

Pembimbing: (1) Dr. M. Rafiek, M. Pd,; (2) Prof. H. Rustam Effendi, M. Pd.

Kata Kunci: Register, Kelapa Sawit, Prapanen, Panen, Pascapanen, Desa Manunggul Lama

Penelitian ini mengkaji register petani kelapa sawit di Desa Manunggul Lama Kecamatan Sungai Durian Kabupaten Kotabaru, diketahui bahwa arti dari register adalah variasi bahasa yang terdapat sesuai dengan bidangnya, yang berarti hanya terdapat pada petani sawit sehingga menimbulkan masalah berupa kurangnya pemahaman variasi bahasa yang terdapat pada petani sawit secara luas dan patut untuk diselesaikan permasalahannya. Tujuan penelitian ini yaitu; a) mendeskripsikan bentuk register prapanen, panen, dan pascapanen petani kelapa sawit di Desa Manunggul Lama Kecamatan Sungai Durian Kabupaten Kotabaru, b) mendeskripsikan jenis register prapanen, panen, dan pascapanen petani kelapa sawit di Desa Manunggul Lama Kecamatan Sungai Durian Kabupaten Kotabaru, c) mendeskripsikan perubahan makna register prapanen, panen, dan pascapanen petani kelapa sawit di Desa Manunggul Lama Kecamatan Sungai Durian Kabupaten Kotabaru.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik sadap sebagai teknik dasar dan teknik simak libat cakap serta teknik catat sebagai teknik lanjutannya. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode padan translasional dan metode padan pragmatis. Penyajian hasil analisis data dengan menggunakan metode informal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) register petani kelapa sawit di Desa Manunggul Lama Kecamatan Sungai Durian Kabupaten Kotabaru memiliki bentuk kata dan frasa, selanjutnya bentuk register berciri terdiri atas berciri elips, berciri kata khusus, dan berciri pemendekan/alegro, 2) Jenis-jenis register petani kelapa sawit di Desa Manunggul Lama Kecamatan Sungai Durian Kabupaten Kotabaru yaitu jenis register usaha atau consultative, jenis register santai atau casual, dan jenis register intim atau intimate. 3) Perubahan makna register petani kelapa sawit di Desa Manunggul Lama Kecamatan Sungai Durian Kabupaten Kotabaru yaitu perubahan makna yang disebabkan oleh lingkungan, perubahan makna yang disebabkan karena adanya gabungan kata, dan perubahan makna karena perkumpulan/asosiasi.

Penelitian ini telah dilakukan secara maksimal dan sebaik mungkin, saran yang dapat dibagikan oleh peneliti bertujuan untuk penelitian selanjutnya agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Peneliti selanjutnya seharusnya memperluas literatur yang digunakan dan hendaknya memperluas aspek kajian yang diteliti.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI