DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Brand Ambassador Tatjana Saphira Terhadap Keputusan Pembelian Ellips Hair Vitamin di Kota Banjarmasin (Studi Pada Iklan Ellips Hair Vitamin)
PENGARANG:YURRIVA KANIA PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-25


ABSTRAK

 

Yurriva Kania Putri, 1910414320020, 2023, Pengaruh Brand Ambassador Tatjana Saphira Terhadap Keputusan Pembelian Ellips Hair Vitamin di Kota Banjarmasin (Studi Pada Iklan Ellips Hair Vitamin). Dibimbing oleh Sarwani.

 

Ellips Hair Vitamin adalah merek produk perawatan rambut yang terkenal di Indonesia. Produk ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1997 oleh PT. Kino Indonesia Tbk, perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik dan produk kecantikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan peran brand ambassador Tatjana Saphira dalam keputusan pembelian Ellips Hair Vitamin. Variabel yang digunakan pada penelitian ini keputusan pembelian sebagai variabel dependen dan brand ambassador sebagai variabel independent.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan tipe deskriptif. Populasi dalam penelitian adalah perempuan di kota Banjarmasin yang berusia 17 – 30 Tahun dengan jumlah populasi sebanyak 102.460 dengan sampel yang diambil sebanyak 398 responden, teknik pengumpulan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui googleform, sedangkan analisis data menggunakan uji alat analisis Uji F dan Koefisien Determinasi dengan bantuan program SPSS 27.

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai F tabel sebesar 3,859 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Sehingga menunjukkan Ha diterima yaitu brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,319 yang menunjukkan bahwa Brand Ambassado mempengaruhi Keputusan Pembelian sebesar 31,9%. Dengan demikian, Brand Ambassador telah dinilai baik oleh konsumen, sehingga menimbulkan keputusan pembelian pada Ellips Hair Vitamin di Banjarmasin.

 

Kata Kunci: Brand ambassador, Keputusan Pembelian, Tatjana Saphira.

 

 

ABSTRACT

 

Yurriva Kania Putri, 1910414320020, 2023, The Effect of Brand Ambassador Tatjana Saphira on Purchasing Decisions of Ellips Hair Vitamins in Banjarmasin City (Study on Ellips Hair Vitamin Ads)Supervised by Sarwani.

Ellips Hair Vitamin is a well-known brand of hair care products in Indonesia. This product was first launched in 1997 by PT. Kino Indonesia Tbk, a company engaged in the field of cosmetics and beauty products. The purpose of this study was to find out the role of brand ambassador Tatjana Saphira in purchasing decisions for Ellips Hair Vitamins. The variabels used in this research are purchasing decisions as the dependent variabel and brand ambassadors as the independent variabel.

The research method used in this research is a quantitative approach with a descriptive type.. The population in this study were women in the city of Banjarmasin, aged 17–30, with a total population of 102,460 and a sample of 398 respondents. The sample collection technique used simple random sampling. Data collection used a questionnaire via Google Forms, while data analysis used the F test and the Coefficient of Determination analysis tool with the help of the SPSS 27 program.

Based on the results of hypothesis testing, the F table value is 3.859 with a significance value of 0.000. This indicating that Ha is accepted, namely that brand ambassadors have a positive and significant effect on purchasing decisions. The coefficient of determination is 0.319, which indicates that the Ambassado brand influences the purchase decision by 31.9%. Thus, the brand ambassador has been well-judged by consumers, resulting in a buying decision at Ellips Hair Vitamins in Banjarmasin.

 

Keyword: Brand ambassador, Purchase Decision, Tatjana Saphira

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI