DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN ORGANISASI UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) LEMBAGA ADVOKASI DAN AKSI MAHASISWA UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT KALIMANTAN SELATAN (LA2M ULM KALSEL) DALAM PEMBENTUKAN JIWA KEPEDULIAN SOSIAL ANGGOTA
PENGARANG:MUHLISIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-26


ABSTRAK

Muhlisin, 2023. Peranan Organisasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Advokasi dan Aksi Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan (LA2M ULM KALSEL) Dalam Pembentukan Jiwa Kepedulian Sosial Anggota. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Yusuf Hidayat.

 

Kata Kunci: Peranan, Organisasi Kemahasiswaan, Jiwa Kepedulian Sosial.

                        Lembaga Advokasi dan Aksi Mahasiswa (LA2M) merupakan salah satu organisasi dari unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Lambung Mangkurat yang bergerak dalam bidang sosial.  Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis upaya organisasi LA2M dalam pembentukan jiwa kepedulian sosial anggota (2) Mengidentifikasi hambatan dalam pembentukan jiwa kepedulian sosial anggota LA2M.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik penentuan sumber data dengan purposive sampling dan informan untuk penelitian ini berjumlah 7 orang infoman yang terdiri dari 2 pendiri dan 5 anggota penuh LA2M. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Upaya organisasi LA2M dalam membentuk jiwa kepedulian sosial anggotanya, terbagi menjadi dua hal, yakni a). Penanaman nilai-nilai kepedulian sosial LA2M melalui kegiatan diantaranya rumah kanker, penggalangan dana, pengabdian masyarakat dan kegiatan berbagai makanan. b). Nilai-nilai kepedulian sosial yaitu melalui materi berupa: Pertama, training kaderisasi dengan adanya pemberikan materi yang disampaikan tentang kepedulian sosial, nonton video bersama anggota dan game. Kedua, Diskusi rutin tentang kepedulian sosial setiap satu bulan sekali. (2) Terdapat kendala dalam pembentukan jiwa kepedulian sosial, yaitu a). Egois yakni menganggap dirinya paling benar dengan memaksakan hendak di dalam organisasi. b). Belum mampunya anggota dalam membagi waktu antara organisasi dengan kesibukan lain dirinya.

Berdasarkan hasil temuan penelitian ini, disarankan dalam upaya pembentukan jiwa kepedulian sosial pada diri anggota, diharapkan peranan ketua umum dalam proses pembentukan jiwa kepedulian sosial ini. Karena peranan ketua umum sangat penting dalam menggerakan anggota di organisasi khususnya dalam pembentukan jiwa kepedulian sosial anggota. Bagi anggota LA2M agar dapat mengatur waktu dengan baik, antara di organisasi dengan kesibukan pribadi anggota dengan membuat jadwal keseharian atau mingguan dan mengkesampingkan sifat egois dalam diri pribadi anggota.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI