DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI DINAS KEBUDAYAAN, KEPEMUDAAN OLAHRAGA DAN PARIWISATA DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI PANTAI ANGSANA KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:SINTA AGUSTINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-26


Sinta Agustina. 1910413120002. Strategi Dinas Kebudayaan, Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Dalam Pengembangan Pariwisata di Pantai Angsana Kabupaten Tanah Bumbu. Dibimbing oleh Saifudin.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Dinas Kebudayaan, Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Dalam Pengembangan Pariwisata di Pantai Angsana Kabupaten Tanah Bumbu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penyesuaian dimensi strategi menurut Wechsler dan Backoff, yaitu kesesuaian derajat pengaruh eksternal, kesesuaian lokus pengendalian strategi, kesesuaian pencetus aksi strategi, dan kesesuaian orientasi strategi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi Dinas Kebudayaan, Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata dalam Pengembangan Pariwisata di Pantai Angsana Kabupaten Tanah Bumbu telah terlaksana. Hal ini dilihat dari indikator-indikator kesesuaian antara dimensi strategi yang digunakan yaitu terlaksananya strategi pengembangan pariwisata yang dilakukan. Berdasarkan indikator derajat pengaruh eksternal yaitu tidak mendapatkan pengaruh dari luar organisasi. Lokus pengendalian strategi yaitu telah mendapatkan aktor-aktor yang terlibat dan aktor tersebut mendapat batasan peran. Pencetus aksi strategi yaitu telah reaktif dalam sumber daya alam dan lingkungan alam yang berada di Pantai Angsana. Orientasi strategi yaitu telah memiliki tujuan strategi dalam setiap pengembangan yang dilaksanakan.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dengan menggunkan teori Wechler dan Backoff dari empat indicator yaitu derajat pengaruh eksternal, lokus pengendalian strategi, pencetus aksi strategi, dan orientasi strategi telah terpenuhi.

Kata Kunci: Strategi, Pantai Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI