DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROKARBON DI KELAS XI
PENGARANG:KHOLIDATUL HUSNA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-26


Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas dan respon peserta didik terhadap Blended Learning Berbasis Proyek pada materi hidrokarbon untuk melatih kemampuan berpikir kreatif. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design tipe one group pretest-posttest. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA MAN 1 Banjarmasin berjumlah 3 kelas yang berjumlah 86 orang yang dibagi menjadi 15 kelompok. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif dan respon peserta didik. Analisis inferensial menggunakan uji normalitas Kolmogorov-smirnov dan Uji Wilcoxon match pairs test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai N-Gain adalah 0,83 dengan kategori tinggi dan rata-rata skor respon peserta didik sebesar 41,08 dengan kategori positif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Blended Learning berbasis proyek pada materi hidrokarbon efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan mendapatkan respon yang positif dari peserta didik.

 

Katakunci:Berpikir kreatif, efektivitas, blended learning berbasis proyek, hidrokarbon, pre-experimental design.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI