DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus Wilayah Pembangunan Banjarbakula)
PENGARANG:Retno Eka Hariani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-26


Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui kienrja keuangan Pemerintah Daerah Wilayah Pembangunan Banjarbakula 2016-2020. Sumber dari data websiter Badan Pusat Statistik (BPS) dan beberpa instansi terkait. Analisis data menggunakan rasio keuangan yaitu rasio efektifitas, rasio efisiensi, rasio mandiri, rasio keserasian, rasio pertumbuhan, rasio debt service coverage rasio. Hasilnya menunjukan bahwa berdasarkan rasio efektifitas dari 5 Kabupate/Kota berdasarkan sistem pengelolaan keuangan pemerintah daerah semaunya berkembang, rasio efisiensi hal ini mengndikasikan bahwa sistem pengelolaan keuangan Wilayah Pembangunan Banjarbakula tidak ada yang efektif, rasio kemandirian hal tersebut menjukan bahwa semakin rendah kemandirian maka semakin rendah tingkat ketergantungan masyarakat pada bantuan pusat yaitu bantuan eksternal yang sudah disiapkan oleh pemerintah, rasio keserasian belanja modal masih tergolong rendah dibandingkan belanja operasi, rasio pertumbuhan menunjukan bahwa pemerintah masih kurang dalam mengelola keuangan daerah, rasio dscr menunjukan bahwa pemerintah masih kurang dalam membayar pinjaman karena dibawah 2,5.

Kata Kunci: Pendapatan Asli Daerah, Rasio efekifitas, Rasio efisiensi, Rasio Kemandirian, Rasio Keserasian, Rasio Pertumbuhan, Rasio Debt Service Coverage Ratio (DSCR)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI