DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Prediksi Persentase Penduduk Miskin terhadap Angka Partisipasi Murni di Provinsi Kalimantan Selatan dengan Regresi Nonparametrik Kernel Nadaraya-Watson
PENGARANG:ZAINAL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-26


ABSTRAK

PREDIKSI PERSENTASE PENDUDUK MISKIN TERHADAP ANGKA PARTISIPASI MURNI DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN DENGAN REGRESI NONPARAMETRIK KERNEL NADARAYA-WATSON (Oleh: Zainal; Pembimbing: Nur Salam, S.Si., M.Sc,. Fuad Muhajirin Farid, S.Pd., M.Si 2023; 45 halaman)

Masalah kemiskinan memang menjadi permasalahan yang terus ada di Indonesia dimana persentase penduduk miskin Indonesia pada september 2021 sebesar 9,71% dan di Provinsi Kalimantan Selatan sebesar 4,56% dari hal ini penting untuk mengetahui apa saja yang mempengaruhi persentase penduduk miskin di Provinsi Kalimantan Selatan, salah satu yang diduga pengaruh terhadap persentase penduduk miskin adalah angka partisipasi murni. Angka partisipasi murni merupakan proporsi jumlah anak pada kelompok usia sekolah tertentu yang sedang bersekolah pada jenjang pendidikan yang sesuai dengan usianya terhadap jumlah seluruh anak pada kelompok usia sekolah yang bersangkutan. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah Regresi Nonparametrik Kernel Nadaraya-Watson. Metode Regresi Nonparamterik merupakan pendekatan Regresi yang sesuai untuk pola data yang tidak diketahui bentuknya atau tidak terdapat informasi masa lalu tentang pola data. Regresi Kernel adalah metode untuk menaksirkan ekspektasi bersyarat dari variabel acak dengan menggunakan fungsi kernel. Metode ini cocok digunakan untuk data yang diambil secara acak sehingga digunakan untuk mendapatkan nilai prediksi dari data persentase penduduk miskin. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh angka partisipasi murni terhadap persentase penduduk miskin dengan menggunakan Regresi Nonparametrik Kernel, memilih bandwith optimal serta mendapatkan model terbaik dalam memprediksi persentase penduduk miskin di Provinsi Kalimantan Selatan dengan menggunakan Regresi Nonparametrik Kernel. Hasil dari penelitian ini nilai bobot Nadaraya-Watson berada disekitar 0,2-0,3 dapat diketahui bahwa angka partisipasi murni berpengaruh terhadap persentase penduduk miskin, didapatkan nilai bandwith optimal sebesar 7 dengan GCV minimum sebesar 0,715207 dan mendapatkan model regresi nonparametrik kernel dengan menggunakan estimator Nadaraya-Watson dan fungsi kernel gaussian menghasilkan prediksi persentase penduduk miskin dengan nilai MSE sebesar 0,2798.

Kata Kunci : persentase penduduk miskin, bandwith, Regresi Nonparametrik Kernel Nadaraya-Watson.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI