DIGITAL LIBRARY



JUDUL:RESPON PEMBERIAN PUPUK KOMPOS SAMPAH TERHADAP PERUBAHAN SIFAT KIMIA TANAH ULTISOL DAN PERTUMBUHAN KACANG TANAH (Arachis hypogeae L.)
PENGARANG:EDY SAPUTRA
PENERBIT:FAKULTAS PERTANIAN
TANGGAL:2018-12-10


RINGKASAN
Edy Saputra. Respon Pemberian Pupuk Kompos Sampah Terhadap Perubahan Sifat Kimia Tanah Ultisol Dan Pertumbuhan Kacang Tanah (Arachis hypogeae L.). dibawah bimbingan Ir. Hairil Ifansyah, MP dan Ir. Helda Orbani Rosa, MP.
Ultisol merupakan tanah yang bertekstur relatif berat ,bewarna merah atau kuning dengan struktur gumpal mempunyai agregat yang kurang stabil dan permeabilitas rendah, tanah ini umumnya berkembang dari bahan induk tua, ciri Ultisol memiliki solum tanah agak tebal yaitu 90-180 cm dengan batas horizon yang datar. kandungan bahan organik pada lapisan olah adalah kurang dari 9% umumnya sekitar 5%. Kandungan unsur hara tanaman seperti N,P,K dan CA umumnya rendah dan pH sangat rendah 4-4,5 (Darwawijaya, 1997).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk kompos sampah pasar terhadap perubahan sifat kimia pada tanah Ultisol (pH, kandungan hara tersedia (N-tersedia, P-larut), kadar alumunium (AL-dd) dan berat kering tanaman kacang tanah.
Hasil penelitian ini dengan pemberian pupuk kompos sampah pasar berpengaruh terhadap perubahan sifat kimia pada tanah ultisol mampu meningkatkan pH tanah, kandungan hara tersedia ( N-tersedia , P-larut ) menekan larutan Al (AL-dd) dan dapat meningkatkan berat kering tanaman kacang tanah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI