DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH DIMENSI FRAUD HEXAGON DAN GENDER TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:ELYDA NUR ARINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-05


Elyda Nur Arini (2023). Pengaruh Fraud Hexagon dan Gender Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Rasidah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tekanan, kesempatan, rasionalisasi, kemampuan, arogansi, kolusi, dan gender terhadap perilaku kecurangan akademik pada mahasiswa jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat.

Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat tahun angkatan 2018, 2019, 2020, 2021, dan 2022 dengan jumlah 786 mahasiswa aktif. Sampel dalam penelitian ini adalah sebesar 100 responden, dengan menggunakan metode Stratified Random Sampling yang dihitung dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan, kesempatan berpengaruh signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik, rasionalisasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik, sedangkan kemampuan, arogansi, kolusi, dan gender tidak berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik. Koefisien determinasi sebesar 0,155 Yang berarti 15,5% Perilaku kecurangan akademik dipengaruhi oleh variabel-variabel tersebut, sedangkan 84,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Tekanan, Kesempatan, Rasionalisasi, Kemampuan, Arogansi, Kolusi, dan Gender terhadap perilaku kecurangan Akademik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI