DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kabar Dari Laut: Adaptasi Masyarakat Nelayan Terhadap Perubahan Iklim Di Desa Rampa Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru
PENGARANG:ALDI ANSARA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-05


Aldi Ansara. Kabar Dari Laut: Adaptasi Masyarakat Nelayan Terhadap Perubahan Iklim Di Desa Rampa Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru (Dibimbing oleh Ismar Hamid)

            Penelitian ini bertujuan: Mendeskripsikan pandangan dan bentuk adaptasi masyarakat nelayan dalam menghadapi perubahan iklim di Desa Rampa Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Perubahan iklim menjadi masalah serius yang saat ini dihadapi oleh nelayan Desa Rampa, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru. Nelayan yang dulunya memiliki kemudahan melakukan aktivitas dengan  pengetahuan lokal kini dipaksa beradaptasi dalam menghadapi perubahan kondisi alam demi keberlangsungan hidup. Hasil penelitian menunjukan budaya yang dimiliki oleh nelayan mengalami perubahan dan pengetahuan lokal yang digunakan nelayan sejak dahulu masih dipakai dan digunakan, meskipun pada beberapa aspek telah dilakukan penyesuaian dengan perubahan kondisi lingkungan hidup. Bentuk penyesuaiannya adalah nelayan di Desa Rampa tidak lagi melaut bergantung pada musim tetapi terhadap cuaca dan dari segi peralatan melaut yang digunakan mengalami perubahan sebagai wujud adaptasi teknologi dalam menghadapi perubahan iklim.

 Kata kunci: Ekologi Budaya, Pengetahuan Lokal, Perubahan Iklim, Adaptasi, Nelayan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI