DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PPKn DI SMP NEGERI 13 BANJARMASIN
PENGARANG:DICKY WAHYUDI SAPUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-05


DickyWahyudiSaputra,2023.PenggunaanMediaAudioVisualDalamMeningkatkan MotivasiBelajar Siswa PPKn di Smp Negeri 13 Banjarmasin.Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, JurusanPendidikanIlmuPengetahuanSosial,FakultasKeguruandanIlmuPendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Pembimbing (1) Fatimah (11)RabiatulAdawiah.

 

Kata Kunci: Penggunaan, Audio Visual, Motivasi Siswa PPKn

 

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipenggunaanmedia audiovisualyang diberian oleh Guru PPKn serta respon siswa terhadap media audio visualdalammeningkatkanmotivasibelajarsiswaPPKnSMPNegeri 13 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Sumber data dipilih secara purposive sampling dengan teknik pengumpulan databerupaobservasi,wawancaradandokumentasi.Datadianalisisdenganempattahapyaitupengumpulandata,reduksidata,penyajiandata,danmenarikkesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1)penggunakan media audio visualyang diberikan oleh Guru PPkn baik kelas VII dan VIII berhasil diterima denganbaik.(2)Rata-ratasemuasiswasangatmenyukaipembelajaranmengunakanmedia audio visual, hal tersebut dapat dibuktikan dengan aktifnya siswa dalampembelajaranpembelajaran menjadi dua arah.

BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanbagiGuruPPKn tentangbeberapa alternatif dalam ketepatan pemilihan media pembelajaran dalam prosesbelajar mengajar.HasilPenelitian inijugadapat memberikan masukan danmotivasi mengenai penggunaanmedia audio visualsebagai sumber pembelajarandisekolah, Pemilihan media pembelajaran yang tepat akan meningkatkan motivasibelajaryangbaik bagi siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI