DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DINAMIKA HASIL TANGKAPAN DAN ANALISIS FINANSIAL BELAT (SET NET) DI PERAIRAN LAUT DESA SEKANDIS KECAMATAN PAMUKAN SELATAN KABUPATEN KOTABARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:LIA ISMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-05


ABSTRAK

Lia Ismawati Program Studi Perikanan Tangkap. Dinamika Hasil Tangkapan dan Analisis Finansial Belat (Set Net) di Perairan Laut Desa Sekandis Kecamatan Pamukan Selatan Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan. Di bawah bimbingan Dr. Erwin Rosadi, S.Pi, M.Si. selaku ketua Pembimbing dan Siti Aminah, S.Pi, M.Si, selaku Anggota Pembimbing.

 

Desa Sekandis adalah salah satu desa di Kecamatan KabupatenKotabaru yang mempunyai potensi perairan laut yang mendukung usaha penangkapan ikan karena terletak dikawasan pesisir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik belat, Menganalisis komposisi dan proporsi hasil tangkapan belat, menganalisis produktivitas belat dan menganalisis finansial perikanan belat, Metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, belat yang digunakan konstruksi bangunan yaitu jaring, tiang dan tali tambang. Komposisi dan Proporsi belat yaitu bedukang (Hexanimatichthys sagor) 21%, Kakap putih (Lates Calcarifer) 16%, Keting (Mytus nigriceps) 14%, Sembilang (Paraplotosus albilabris) 12%, Manyung (Arius thalassinus) 10%, Belanak (Cherenemugil seheli) 9%, Kerapu  Lumpur (Epinephelus Coioides) 5%, Beliak mata (Ilisha Elongata) 4%, Gulamah (J. trachycephalus) 3%, Kakap domba (Lutjanus Analis) 2%, dll 11% dengan produktivitas 5,57. Pendapatan nelayan belat selama 7 bulan memperoleh keuntungan sebesar Rp. 16.340.000, R/C 4,16 dan ROI 1,86 %.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI