DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERUBAHAN PENDAPATAN PEDAGANG KAKI LIMA DI SEKITAR JEMBATAN BARITO
PENGARANG:AHMAD MAULANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-05


Ahmad Maulana. 2023. Perubahan Pendapatan Pedagang Kaki Lima di Sekitar Jembatan Barito. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Syaharuddin, MA dan Pembimbing II: Rusmaniah, M.Pd

Lokasi objek wisata jembatan Barito memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Hal tersebut mengakibatkan banyak pedagang kaki lima yang memanfaatkan keberadaan jembatan Barito ini untuk memperoleh pendapatan. Pedagang kaki lima berdagang saling berdekatan satu sama lainnya dan menjual barang dagangan sejenis. Banyaknya persaingan dalam berdagang tidak menjadi alasan pedagang kaki lima ini untuk memperoleh pendapatan setiap harinya. Pasalnya, pedagang tersebut telah bertahun-tahun menjadi pedagang kaki lima di sekitar jembatan Barito. Berdasarkan latar belakang tersebutlah peneliti ingin melakukan penelitian dengan judul Perubahan Pendapatan Pedagang Kaki Lima di Sekitar Jembatan Barito.

Tujuan penelitian ini: 1) Mendeskripsikan profil pedagang kaki lima di sekitar jembatan Barito; 2) Mendeskripsikan perubahan ekonomi pedagang kaki lima di sekitar jembatan Barito.

Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan perubahan pendapatan pedagang kaki lima di sekitar jembatan Barito. Subjek dalam penelitian ini yaitu pedagang kaki lima dan akademisi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi ke lokasi tempat para pelaku usaha berdagang yaitu di sekitar jembatan Barito, wawancara dan dokumentasi dalam bentuk rekaman dan gambar. Analisis data menggunakan reduksi data berdasarkan dengan tujuan penelitian, penyajian data berdasarkan deskripsi serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi.

Hasil penelitian: 1) Pedagang kaki lima di sekitar jembatan Barito menjual beberapa jenis barang dagangan seperti pentol, es dawet, dan es campur. 2) Perubahan pendapatan pedagang kaki lima di sekitar jembatan Barito dapat dilihat dari perubahan pendapatan dari pekerjaan sebelumnya, pada masa pandemi, dan indikator kesejahteraan pedagang kaki lima. Kesejahteraan pedagang kaki lima dapat tercermin dari terpenuhi kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder dari pedagang kaki lima di sekitar jembatan Barito.

Simpulan dalam penelitian ini adalah jembatan barito merupakan satu diantara objek wisata yang ada di Barito Kuala. Lokasi tersebut dimanfaatkan oleh pelaku usaha pada sektor informal untuk memperoleh pendapatan. Seiring berkembangnya usaha pedagang kaki lima, terdapat perubahan ekonomi yang dialami oleh pedagang kaki lima yaitu perubahan pada pendapatan. Perubahan pendapatan tersebut terlihat dari perbedaan jumlah pendapatan dari pekerjaan sebelumnya dan setelah menjadi pedagang kaki lima.

Kata kunci: Perubahan, Pendapatan, Pedagang Kaki Lima

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI