DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Di Desa Andaman Kecamatan Anjir Pasar Kabupaten Barito Kuala
PENGARANG:AKHMAD ZULKIPLI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-05


ABSTRAK

Akhmad Zulkipli, 1910411110019. Skripsi. Implementasi Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Desa Andaman Kecamatan Anjir Pasar Kabupaten Barito Kuala. Di bawah bimbingan Bapak H. M. Nur Iman Ridwan.

            Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa atau BLT DD merupakan suatu kebijakan program yang dibuat oleh pemerintah pusat yang ditujukan kepada masyarakat untuk dapat menanggulangi permasalahan kemiskinan pada tingkat desa, Desa Andaman merupakan desa yang menjalankan Program Bantuan Tunai Dana Desa.

            Metode yang digunakan oleh peneliti adalah pendekataan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder berupa dokumen-dokumen yang terkait. Teknik analisis data berlangsung secara simultan yang dilakaukan dengan proses pengumpulam data dengan alur atau tahapan.

            Hasil dari penelitian menunjukan bahwa implemetasi kebijakan program bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) sudah berjalan dengan baik hal ini dapat dilihat dengan menggunakan teori model implementasi kebijakan Grindle dari Sembilan indikator yang dikemukakan olehnya, Desa Andaman telah memenuhi tujuh indikator yang sesuai dengan acuan analisis Grindle. bagaimana kepentingan yang berpengaruh terhadap keringanan perekonomian, manfaat yang dirasakan dari program dapat dirasakan dalam waktu yang singkat, jangkauan perubahan yang instan hal ini dapat dilihat dari penerima dana setiap bulan, kedudukan pengambilan keputusan terdapat tumpang tindih antara pemerintah pusat dan desa, pelaksana program yang memiliki rasa akuntabilitas yang tinggi, sumber daya yang dialokasikan masih belum mampu untuk memenuhi banyaknya masyarakat miskin didesa dan daya tanggap kepada masyarakat. namun peneliti lebih menyarankan untuk alokasi anggaran bisa dikelola langsung oleh pemerintah desa sehingga dalam penyaluran tidak terjadi keterlambatan-keterlambatan.

Kata Kunci: Implementasi,Kemiskinan, Bantuan Langsung Tunai, Dana Desa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI